UWK Sosialisasikan Senam Kesehatan Tulang Bagi Manula

SIDOARJO – Diusia senja, kita mesti tetap sehat dan bugar, dan untuk menunjang tersebut antara kalori dan senam mesti seimbang, demikian disampaikan dr. Ira Idawati, MKes dan Dr. Sri Lestari Utami, SSi., MKes dari FK UWKS. Selasa (30/8).

” Senam kesehatan tulang bagi usia senja adalah gerakan untuk memperkuat otot-otot sekitar tulang, sehingga tulang keropos bisa dibantu oleh otot yang cukup kuat karena terlatih oleh senam, ” papar dr Ira Idawati.

Kegiatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma di gelar di Balai Desa Waru, Kabupaten Sidoarjo, berjudul “Senam Beban bagi Kesehatan Tulang sebagai Alternatif Senam Posyandu Lansia”. Latar belakang kegiatan ini berdasarkan atas adanya hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya pada beberapa Desa si Kabupaten Sidoarjo, yang menunjukkan bahwa senam Lansia tidak berpengaruh terhadap kepadatan mineral tulang.

” Kepadatan mineral tulang ini akan semakin rendah nilainya seiring dengan pertambahan usia dan wanita yang sudah menopause. Akibatnya tulang menjadi keropos dan berisiko patang tulang karena keropos. Sehingga muncul ide untuk memperkenalkan senam pembebanan yang berpengaruh terhadap kepadatan mineral tulang jika dilakukan secara teratur oleh Lansia.” terang Dr. Sri Lestari Utami, SSi., MKes .

Kerja bareng Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (FK UWKS), Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) dan tiga Desa di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini pertama kali diadakan di Desa Suruh, Kecamatan Sukodono, ( 21/6/22) Kegiatan kedua dilakukan di Desa Wage, Kecamatan Taman (14/8/22). Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Waru, Kecamatan Waru (30/8/22) merupakan kegiatan ketiga.

Sedangkan pelatihan senam beban sederhana untuk Lansia diberikan oleh dr dr. BP Yenniastoeti CCD, CDT sebagai pimpinan Perwatusi dan Dokter di RS Mitra Keluarga. Senam ini bisa dilakukan bersamaan dengan aktifitas sehari-hari yang dilakukan oleh para Lansia. Senam ini terdiri atas tiga kumpulan gerakan, yaitu stretching awal (9 gerakan), latihan anggota gerak bawah (10 gerakan) dan latihan anggota gerak atas (9 gerakan).

Kades Waru, Kecamatan Waru, Mudjiono mengaku senang mendapatkan penyuluhan terkait kesehatan tulang bagi warga desanya yang tergolong lansia.

” Bagi kami, penyuluhan dan pelatihan ini sangat besar manfaat bagi warga desanya yang tersebar di 15 RW, selanjutnya diharap bisa menularkan ilmu dan praktek senam ini di masing masing tetangganya, biar tambah bugar diusia senja, ” terangnya. ( */K/ali)

error: Content is protected !!