Lomba Agustusan di Lingkungan Keluarga Anak Jalanan Terminal Gub Suryo

GRESIK, – Memeriahkan sekaligus meneruskan semangat proklamasi 17 Agustus, apalagi masih di pertengahan bulan Muharram dilingkungan anak jalanan, ada keasyikan tersendiri, demikian diungkap pembimbing anak jalanan, Ustadzah Iin Budiarti, Jumat (12/8)

” Dari pembina anak jalanan ingin mengadakan peringatan tahun baru Islam sekaligus HUT RI, akhirnya bergabung dengan panitia di komunitas anak jalanan, jadinya tambah meriah, ” terang ustadzah Iin.

Seusai turun Jumatan, panitia sudah menyiapkan seperangkat sound system, dan sekitar 14 badut berbagai busana berjoged disekitar arena lomba di dalam terminal Gub Suryo.

Lomba yang pertama adalah hafalan surat Al Fatihah dan ayat kursi bagi anak , ibu, dan bapak di lingkungan anak jalanan, dan hingga berakhir ada 20 peserta. Beberapa peserta ada yang kurang hafal.

” Sebagian sudah lumayan bagus hafalan dan bacaannya, ada yang makhorijul huruf kurang bagus, ada yang panjang dan pendek bacaan kurang diperhatikan, intinya kalau sering berlatih tentu akan tambah bagus, Bagi para juara 1,2,3 diberikan uang tunai secara langsung, ” terang ustadzah Iin.

Lomba selanjutnya adalah memasukkan bola plastik ke dalam gawang dan di tendang dengan menggunakan terong yang di gantung di pinggang.

Sementara lomba yang membuat penonton bisa tertawa dan berteriak adalah : memindahkan tepung dengan tangan kosong beregu masing masing 4 orang. Setiap sesi digelar dengan diikuti 3 tim ( regu).

Karena memindahkan tepung dengan kedua tangan, dan selanjutnya diserahkan berantai di belakangnya lewat atas kepala, sontak yang tidak bisa menerima tepung otomatis putih karena guyuran tepung.

Pak Joko yang dituakan dilingkungan terminal merasa bangga bisa menggelar perlombaan untuk peringatan HUT RI dan tahun baru Islam.

” Tidak ada peombaan dalam memeriahkan agustusan kog rasanya kurang sreg saat corona kemarin , saat ini kita sudah mulai longgar ya kita gelar lagi lomba ala anak jalanan, ” ujarnya. (*/K/Al)

error: Content is protected !!