Ketua MUI Gresik : Segera Bersikap Ketika Ada Gejolak di Masyarakat

GRESIK – Banyaknya persoalan kehidupan didalam masyarakat yang ada hubungannya dalam tata kehidupan beragama, sehingga MUI mesti cepat bertindak, demikian Ketua MUI Kabupaten Gresik, Kh Mansur Sodik, saat raker di MUI kecamatan Kebonas, Kamis (23/6).

” Begitu muncul vidio di medsos soal manusia nikah dengan kambing beredar hari Minggu, maka hari berikut ( Senin) kita perintahkan MUI Benjeng dan MUI Balongpanggang, untuk menggali informasi ini dari para pelaku, dan hari Kamis kita hadirkan mereka semua di Kantor MUI, hari itu juga kita keluarkan fatwa soal nikah dengan kambing, ” jelas pensiunan kepala KUA.

MUI sebagai lembaga yang mengeluarkan fatwa, dan bukan sebagai lembaga eksekusi, sehingga untuk kasus nikah dengan kambing ini sepenuhnya ranah hukum di kepolisian.

Nara sumber ke 2 ust Nur Faqih lebih menitik beratkan pada penguatan kelembagaan MUI, mulai bentuk organisasi, sumber daya manusia, keuangan, dan kiprahnya di masyarakat.

” MUI adalah semacam NGO yang semi pemerintah, sehingga ketika memasuki pilihan umum, pilihan presiden, pilihan kepala daerah, sikap MUI pasti netral, ” terang mantan kepala biro Surabaya Post.

MUI berisi berbagai unsur, mulai dari NU, Muhammadiyah, LDII, dan yang lain, sehingga tidak ada dominasi kelompok, dan sikap kelembagaan adalah untuk rahmatan lil alamin. (Al/*)

error: Content is protected !!