Bangkitkan Wawasan Kebangsaan Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI

Gresik, -Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan, S.Kom., selenggarakan sosialisasi 4 Pilar MPR RI dengan tema Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, acara tersebut diselenggarakan di Resto Bintang Shofa Gresik pada hari Jumat, 3 Juni 2022 pukul 14.00 wib. sampai selesai, bertujuan untuk membangun kesadaran sekaligus penguatan berbangsa dan bernegara.

Acara yang dikemas dalam bentuk seremonial dan dialog tersebut dihadiri oleh ratusan masyarakat Gresik dari berbagai elemen, baik guru, mahasiswa, pemuda, maupun wali murid dari sejumlah sekolahan di Gresik, juga nampak hadir Kepala desa Gredek yang sekaligus Bendahara HKTI kabupaten Gresik Muhammad Bahrul Ghofar.

Politisi asal kabupaten Lamongan yang akrab disapa Mas Debby ini menyampaikan bahwa tugas sebagai wakil rakyat di komisi X DPR RI berfokus pada persoalan pendidikan dan pariwisata. Kata dia, sosialisasi wawasan kebangsaan dan pemahaman butir-butir Pancasila harus dilakukan sejak dini, terutama kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

“Jika wawasan kebangsaan terus ditanamkan sejak dini terutama di kalangan pelajar, melalui pendidikan karakter cinta NKRI dan bela negara,” ungkapnya.

Pendidikan karakter, sambung dia, diyakini dapat menyiapkan generasi penerus bangsa sebagai sumber daya manusia (SDM) unggul, sehingga melahirkan generasi anak bangsa yang kuat dan mampu bersaing di dunia global. Karena itu, perlu ada kolaborasi pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

“Semua harus berkolaborasi untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas pendidikan generasi bangsa, terutama tentang pemahaman nilai-nilai Pancasila,” tegas dia.

Untuk mendukung terwujudnya pendidikan karakter berbasis Pancasila itu, pemerintah telah memberikan berbagai fasilitas program dan bantuan sarana maupun prasarana. Salah satunya yakni memberikan bantuan tunai berupa Program Indonesia Pintar (PIP) bagi siswa SD, SMP dan SMA.

“Pemerintah memberikan bantuan PIP ini disamping mencegah anak didik putus sekolah, juga ingin mencetak generasi bangsa yang unggul melalui pendidikan yang lebih berkualitas,” terangnya..

Acara berlangsung penuh keakraban dan suasana sangat hidup dengan dialog yang terus mewarnai acara tersebut.(*)

error: Content is protected !!