Wali Murid Mts Desa Sambo gunung Berlatih Bikin Nugget Dari Ikan Mujaer

GRESIK – Ketika Pandemi Covid yang melanda 2 tahun lebih, membuat kegiatan masyarakat nyaris terhenti, bahkan ikan mujaer yang cukup melimpah dari Desa Sambo gunung, Kecamatan Dukun, tidak bisa 100% terserap oleh pasar, sehingga banyak yang di jemur untuk diawetkan.

Kepala Madrasah Tsanawiyah YKUI yang berada di Desa Sambo gunung Ny Endang ber kordinasi dengan beberapa institusi dengan harapan bisa memberikan solusi atas produksi akan mujaer yang melimpah dalam waktu yang hampir bersamaan dan daya serap masyarakat yang tidak maksimal.

” Wali murid kami, termasuk juga beberapa guru mempunyai tambak yang di buat budi daya ikan mujaer, ketika hasil produksi tidak bisa tersersp oleh pasar, maka kami mencari terobosan dan bertemu dengan YDSF dan kami beserta ibu ibu diajari cara membuat nugget dari ikan mujaer, dengan adanya olahan begini semoga bisa menaikkan pendapatan dan kesejahteraan di masyarakat semakin meningkat, ” terang Endang. kamis(2/6).

YDSF Gresik yang datang bersama rombongan termasuk Ny Amik yang mengajarkan cara membuat nugget dari ikan mujaer, mendapat sambutan hangat dari ibu ibu.

” Kalau ikan mujaer setelah diangkat dari tambak, dan segera terjual makan nilai jualnya masih bagus, kalau tanpa di awetkan tentu kondisinya rusak dan tidak laku dijual, coba kalau dengan sedikit sentuhan diolah menjadi nugget berbahan ikan mujaer, tentu bisa lebih awet dan nilai jual lebih tinggi lagi, ” terang Amik.

Dengan peralatan masak yang sudah disiapkan seperti dandang, pisau dapur, tepung dan rempah rempah, dimulai mengolah ikan mujaer menjadi nugeet.

Diakhir kegiatan, hasil olahan tadi, dimakan bersama bersama sekitar 30 ibu ibu wali murid, bersama beberapa guru Mts dan tim YDSF, ternyata respon dari peserta cukup menggembirakan.

” Rasanya sangat enak, saya malah nambah lagi, saya dan beberapa ibu ibu berharap ada pelatihan lanjutan, bisa dengan bahan yang lain, atau cara mengepakan hingga penjualan, sehingga kami bisa jualan nugget ini dengan omset besar, ” harap Ny Jamikah. ( */A)

error: Content is protected !!