Mahasiswa UTM Kenalkan Ilmu Digital Marketing ke UMKM Desa Suci Gresik

Gresik (Jawa timur), – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Muhammad Nasir Ariyanto dibawah bimbingan Dosen Makhmud Dzulkifli melakukan kegiatan bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (LPPM UTM) pada hari Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan ini berbentuk Sosialisasi Ekonomi Kreatif. Ini juga bertujuan untuk mengembangkan ekonomi Desa Suci melalui pengetahuan dan pelatihan akan materi Strategi Pemasaran Digital, Permodalan dan Hak Atas kekayaan intelektual (HAKI) bagi ibu-ibu penggiat UMKM di wilayah Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Pelatihan dan sosialisasi ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk menambah wawasan dan cara baru berdagang bagi para pelaku UMKM agar mampu beradaptasi di era digital. Beberapa materi disampaikan langsung oleh Drs. Makhmud Dzulkifli M.Si. selaku pembimbing seperti permodalan dan HAKI.

Menurutnya salah satu cara efektif untuk mendapatkan modal adalah dari gaji yang disisihkan dan ditabung untuk membangun usaha pribadi. Kemudian pentingnya hak paten akan logo serta merek yang digunakan untuk berdagang.

“Saya harap permodalan ini tidak menyulitkan bagi ibu-ibu nantinya dan jangan sampai berhutang yang cukup besar,” kata Makhmud, Kamis (30/12/2021).

Untuk materi Strategi pemasaran digital dijelaskan jika optimalisasi smartphone dan juga aplikasi marketplace seperti Gojek (Go Food), Shopee (Shopee Food) dan Tokopedia itu mudah untuk dilakukan.

Dengan penjelasan langkah-langkah yang mudah dipahami diharapkan setelah mengikuti acara tersebut pemasaran produk UMKM ini dapat dilakukan melalui aplikasi-aplikasi marketplace.

“Terimakasih untuk mahasiswa mau membagikan ilmunya dan mengajari saya yang ndeso ini buat buka akun gofood dan shopeefood,” ujar salah satu peserta pelatihan digital marketing. (*/Azmi)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!