Momen Hari Ibu, Emak-emak di Desa Pelosowahyu Gelar Senam Unik

LAMONGAN – Puluhan emak-emak di Desa Pelosowahyu, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, menggelar acara senam unik, di Lapangan SD Pelosowahyu, pada Minggu (26/12/21) pukul 06.00 WIB.

Pasalnya, kegiatan senam yang biasanya digelar emak-emak Pelosowahyu setiap hari Minggu dengan berpakaian kaos olahraga, justru kali ini emak-emak memakai kebaya. Dan hal ini dilakukan dalam rangka momen memperingati hari ibu yang ke-93.

Meski puluhan emak-emak yang mengikuti senam tersebut memakai pakaian khas perempuan Jawa/kebaya terlihat agak kikuk mengikuti gerakan senam yang di pimpin Instruktur senam Terta. Tapi mereka tanpak menikmati dan suasana senam lebih cair dan meriah dengan tetap memperhatikan prokes yang berlaku.

Rina selaku Ketua Panitia kegiatan, bahwa kegiatan senam tersebut dilaksanakan setiap hari Minggu. Dan dalam rangkah untuk memperingati hari ibu ini, peserta yang mengikuti senam harus memakai baju kebaya.

“Untuk memeriahkan hari ibu ini, selain peserta senam diharuskan memakai baju kebaya, juga diadakan sedikit kegiatan lomba dengan macam-macam hadiah doorprize agar kegiatan tersebut lebih semarak,” ujarnya.

Lebih lanjut Rina mengungkapkan, terkait peserta senam yang diharuskan menggunakan kebaya itu bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa.

“Karena senam ini sekaligus memperingati hari ibu, kita sebagai wanita harus bisa melestarikan budaya bangsa,” tegasnya.

Sementara dalam kesempatan sama, Agus Susanto selaku Kepala Desa Pelosowahyu, mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan gerakan spontanitas dari ibu-ibu. Jadi siapa saja boleh untuk mengikuti kegiatan senam yang digelar setiap hari Minggu ini.

“Jadi intinya pemerintah Desa Pelosowahyu hanya mendorong semua kegiatan inovasi kreativitas masyarakat,” ungkapnya.

Kades juga menegaskan bahwa masyarakat Desa Plosowahyu masih mempunyai banyak ide, inovasi, dan kreativitas lainnya yang akan menyusul, demi meramaikan giat masyarakat.

“Saya tahu, Luar biasa Ide, gagasan, inovasi dan kreativitas masih banyak yang menunggu untuk dimunculkan demi kebangkitan dan keberdayaan ibu-ibu dan masyarakat,” tukasnya.

Perlu diketahui, acara senam tersebut, diikuti puluhan ibu-ibu warga desa setempat, dan Kepala Desa Pelosowahyu Agus beserta Istrinya. Dan acara senam ditutup dengan berbagai lomba, diantaranya lomba kursi, lomba kempit balon, dan pemenang berhak mendapatkan hadiah doorprize yang sudah disiapkan oleh panitia kegiatan. (As)

Editor : Eko Asrory

error: Content is protected !!