Kepala Dinas Pendidikan Gresik Sampaikan Terima Kasih Kepada Ibu-Ibu Hebat Yang Telah Dampingi Anak-Anak Belajar Saat Pandemi

Keterangan foto : S Haryanto (Kadis pendidikan Gresik)

GRESIK (Jawa timur),-Rabu (22/12/2021) hampir semua media cetak, elektronik, maupun akun sosial media mengunggah berita tentang peringatan hari Ibu, sebagai bentuk penghargaan atas peran besar dari sosok ibu.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Hariyanto di hadapan awak media mengingatkan peran penting ibu sebagai guru pertama di keluarga.

“Ibu sebagai guru pertama bagi putra dan putrinya saat ini perannya semakin bertambah penting dan bertambah banyak karena pandemi global yang di sebabkan virus Sars CoV-2,” ujarnya mengawali wawancara.

Menurut Pria anak Ibu Hj. Nur Jannah itu, Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

“di antaranya Belajar Dari Rumah (BDR) secara resmi di keluarkan melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring sejak 16 Maret 2020 dan hingga saat ini masih di berlakukan PTM terbatas yaitu 50% dan BDR 50%,” jelasnya.

Dengan kebijakan ini, menurut Hariyanto, memaksa guru dan murid untuk tetap bekerja dan belajar dari rumah dari jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi.

Kebijakan ini tentunya tidak hanya berdampak pada kurangnya relasi guru dan murid selama BDR, namun juga pentingnya optimalisasi peran orang tua dalam pelaksanaan BDR, utamanya adalah peran Ibu.

“Peran orang tua, terutama Ibu dalam mendampingi kesuksesan anak selama belajar di rumah menjadi sangat sentral di masa pandemi. Orang tua pada awalnya berperan dalam membimbing sikap serta keterampilan yang mendasar, seperti pendidikan agama untuk patuh terhadap aturan, dan untuk pembiasaan yang baik, namun perannya menjadi meluas yaitu sebagai pendamping pendidikan akademik,” imbuhnya.

Bagi Suami dari Hj. Istirokhah, Pelaksanaan pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua dan masyarakat sekitar, tidak hanya tanggung jawab lembaga pendidikan saja.

“Pandemi Covid-19 telah mengajarkan semakin pentingnya peran keluarga dalam mengasuh, merawat dan juga mendidik anak. Peristiwa ini mengembalikan fungsi awal keluarga sebagai pusat segala kegiatan, tempat terjadinya pendidikan yang utama untuk anak,” tegasnya.

Secara pribadi dan atas nama Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, mengucapkan selamat hari ibu 2021.

“Selamat Hari Ibu 2021 dan kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ibu-ibu hebat karena selama pandemi telah membersamai anak-anak, menjaga dan memastikan anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat, mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah, melakukan kegiatan bersama selama di rumah, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak, menjalin komunikasi yang intens dengan anak, bermain bersama anak, menjadi role model bagi anak, dan membimbing, memotivasi anak, memberikan edukasi, memelihara nilai keagamaan dalam upaya pembentukan karakter unggul,” pungkas Hariyanto mengakhiri wawancara untuk peringatan Hari Ibu 2021 di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. (*)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!