Hulaan Lounching Kampoeng Toge (Camba) Dan Lontong, Dewan Hadir Memberikan Suport

Keterabgan foto : Mujid Riduan pakaian batik tengah (Wakil DPRD Gresik) Dan Wongso (putih)

GRESIK (Jawa timur),-Desa Hulaan Kecamatan Menganti resmi dilaunching menjadi kampung tauge dan lontong. Kawasan Eduwisata itu berlokasi di area waduk desa Hulaan dengan mengangkat produk unggulan masyarakat yaitu berupa tauge (Jawa : cukulan) dan lontong.

Lounching ini ditandai dengan bacaan basmalah oleh Camat Menganti Sujarto yang mewakili Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang berhalangan hadir, Minggu (19/12/2021).

“Dengan bacaan Bismillahirrahmanirrahim, kami nyatakan dibuka,” ujarnya bersama Kades Hulaan H. Hamdani Widianto, Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Ridwan, Ketua Fraksi Golkar DPRD Gresik Wongso Negoro, Ketua Desa Berdaya Abdul Haris, Kapolsek Menganti, Kodim Menganti dan para tokoh masyarakat.

Camat Sujarto menyampaikan bahwa di kecamatan Menganti ada 5 lima desa berdaya, tapi yang paling siap adalah desa Hulaan.

“Hari ini dilaunching, dan mudah-mudahan 4 desa yang lain akan mengikuti, karena yang paling siap adalah Hulaan,” jelasnya.

Sujarto menambahkan bahwa hal ini juga sebagai bentuk harapan Bupati Gresik.

“Bahwa desa harus ada peningkatan potensi desa, untuk bisa meningkatkan PAD, untuk pembiayaan kegiatan-kegiatan yang ada di desa,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut kepala desa Hulaan H. Hamdani Widianto menyampaikan bahwa lokasi di area waduk ini akan menjadi sentra kuliner dan Eduwisata.

“Lokasi ini akan menjadi sentra kuliner dan sentra wisata desa Hulaan,” ujarnya saat memberikan sambutan didampingi ketua desa berdaya.

Alasan diangkatnya produk andalan tauge dan lontong, menurut Hamdani disebakan karena dua produk tersebut telah menguasai pasar di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, desa Hulaan produksi lontong dan kecambah (baca : tauge) menguasai se-Jawa timur,” jelasnya bangga.

Kades Hulaan itu juga berharap dukungan dari semua pihak agar keinginan warga desa Hulaan untuk memiliki wisata bisa terwujud.

Wakil ketua DPRD Gresik Mujid Ridwan menyampaikan dukungannya atas dilaunchingnya desa Hulaan sebagai kampung tauge dan lontong.

“Jangan khawatir, kita teruskan nanti pembangunan Eduwisata kuliner di desa Hulaan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya penuh semangat.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh ketua Fraksi Golkar DPRD Gresik Wongso Negoro. Dirinya berharap dengan hadirnya Eduwisata ini mampu membangkitkan ekonomi desa melalui geliat UMKM di desa.

“Dengan adanya ini, UMKM-UMKM yang ada di desa Hulaan bisa sejahtera dan maju,” tambahnya optimis.

Rangkaian kegiatan lauching Ini diawali Live music dan pentas seni di hari Sabtu (18/12/2021) dan Senam, Festival Seni serta Parade Tari pada Minggu (19/12/2021). Acara digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat karena masih dalam masa pandemi Covid-19.(*)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!