DiPenghujung Tahun 2021, Sekapuk (Setigi) Dibanjiri Tamu Dari Luar Kota Dan Propinsi Untuk Study Banding

GRESIK (Jawa timur) – Lagi-lagi Desa Sekapuk -Ujungpangkah kabupaten Gresik propinsi Jawa timur, Wisata alam Setigi menjadi pilihan favorit untuk melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa. Terlebih, di penghujung tahun 2021 ini, Sekapuk benar-benar dibanjiri tamu dari luar kota, bahkan sampai luar propinsi.

Dan Kali ini ada rombongan Bumdes Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung terlihat sangat antusias melakukan study Banding ke Desa Miliarder Sekapuk sekaligus menikmati keindahan wisata alam Setigi, Senin (6/12/2021).

Ketua Rombongan Hariyadi yang juga Camat Marga Sekampung Lampung Timur saat berada di Balai Desa Sekapuk menyampaikan , pihaknya jauh-jauh dari Lampung ke Sekapuk Ujungpangkah Gresik semata-mata untuk melakukan Studi Pembelajaran agar bisa meneladani keberhasilan Bumdes dan kemajuan Desa Sekapuk yang telah menyandang predikat sebagai Desa Miliarder.

“Kami benar-benar terinspirasi sekaligus termotivasi dengan keberhasilan Bumdes Sekapuk, keberhasilan wisata Setigi dan kesuksesan Kades Sekapuk dan seluruh perangkat desa serta masyarakatnya yang telah berhasil mengubah Desa Tertinggal menjadi Desa Miliarder,” tandas Camat Hariyadi dengan nada takjub.

Untuk itu, lanjut Hariyadi, pihaknya bersama jajarannya serta utusan 8 desa, baik Kades maupun perangkatnya didampingi Staf Ahli Kabupaten melakukan Kaji Banding ke Desa Miliarder Sekapuk dan wisata alam Setigi. Kedelapan desa yang ikut, yakni Desa Batu Badak, Bukit Raya, Bungkuk, Giri Mulyo, Gunung Mas, Gunung Raya, Peniangan, dan Desa Purwosari.

“Usai dari Sekapuk dan Setigi ini, kami akan menerapkan semua ilmu yang disampaikan Kades Sekapuk Abdul Halim untuk membangun dan memajukan Bumdes dan Pemdes yang ada di Lampung Timur. Sekapuk luar biasa, Setigi indah mempesona,” ungkap Camat Hariyadi sembari bertukar cinderamata dengan Pemdes Sekapuk Ujungpangkah Gresik.

Sementara Kades Sekapuk Abdul Halim (AHA) merasa sangat bersyukur di penghujung tahun 2021, Sekapuk benar-benar dibanjiri tamu dari luar kota sampai luar Jawa. Untuk hari ini, mulai dari pendamping ahli Kabupaten, Camat, Kades beserta perangkat dan pendamping desa melakukan studi banding ke Sekapuk. Tujuannya untuk meningkatkan dan membangun ekonomi kreatif dari desa menuju kemandirian. Bangun desa sama dengan membangun bangsa.

“Luar biasa semangatnya. 26 jam ditempuh jalur darat, dan mereka sangat antusias untuk mengubah desanya menjadi lebih baik lagi. Tidak ada kata tidak mungkin, jika kita benar-benar mau berusaha. Jika kami bisa, maka yakinlah Anda pasti bisa,” tandas Kades AHA sembari berpantun “Ada gajah di lampung Timur, di Gresik ada patung gajah mungkur. Tetep gagah dan semangat raih makmur, selama kita terus bekerja dengan jujur.

Lebih lanjut, Kades berjuluk Ki Begawan Setigi ini menuturkan, Alhamdulillah, tidak hanya jadi pilihan kudus dan Jepara, bahkan Madura rela datangi saat pandemi untuk diskusi bangun negara melalui desa. Semoga tidak hanya Sekapuk, namun seluruh desa di Indonesia bisa bangkit bersama-sama membangun desa mewujudkan Desa Mandiri hingga bisa mencapai Desa Miliarder.

“Ujung utara hadir dari Manado, Minahasa Utara, ada yang dari Kalimantan, Kabupaten Tanah bumbu, ada dari lombok, NTT dan hari ini dari Provinsi Lampung setelah rombongan Bangka Belitung, ternyata ratusan desa dan kecamatan belum termasuk jumlah kelurahan yang datang ke kota Santri Gresik ini dengan tujuan untuk mengikuti gebrakan Desa Miliarder yang ada di Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Alhamdulillah, Barokallah, mugi migunani,” pungkas Kades yang mulai dilirik maju Bupati dan DPD RI ini. (*/Ddk)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!