Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Dinas Pariwisata Terus Tegakkan Prokes bagi Peziarah Religi Kota Gresik

GRESIK (Jawa timur),- Dengan penuh ketlatenan dan kesabaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gresik tetap komitmen mengedukasi protokol kesehatan (Prokes) bagi peziarah religi. Pasalnya, hingga saat ini pandemi belum juga sirna.

Upaya nyata yang dilakukan Disparbud dengan mebagikan masker secara gratis kepada pengunjung dua wisata religi, yaitu Makam Syekh maulana Malik Ibrahim dan Makam Sunan Giri.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik, Sutaji Rudy melalui Kepala UPT Destinasi Wisata Terpadu Kawasan Gresik, Sudarmanto, dua wisata religi tersebut harus dilakukan perhatian khusus, karena tempat itu pengunjungnya sangat ramai.

“Untuk itu kami berikan edukasi terkait prokes bagi pengunjung yang hendak memasuki areal makam, seperti wajib memakai masker, mencuci tangan terlebih dahulu, dan pastinya harus menjaga jarak. Dan bagi pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker kami berikan masker secara gratis. Ini semua untuk kebaikan kita bersama,” terang Sudarmanto.

Sudarmanto menghimbau, meski pandemi Covid-19 sudah melandai, namun pihaknya tetap mengharuskan bagi pengunjung wajib mematuhi prokes yang telah ditentukan.

“Kita dari dinas pariwisata tak henti-hentinya memberikan edukasi dan membagikan masker kepada peziarah agar tidak menimbulkan klaster baru” ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Petinggi BNNK Gresik ini menandaskan, penerapan prokes secara ketat di area wisata religi yang dinilai menjadi tempat berkumpulnya massa bisa mengurangi bahkan memutus penyebaran Covid-19.

“Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir. Dan semoga seluruh warga Gresik selalu diberikan kesehatan,” pungkas Sudarmanto sembari memanjatkan doa penuh khusuk. (*/Ddk)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!