Tumpengan Bagian Acara Sedekah Bumi Di Desa Dapet (Balongpanggang – Gresik)

GRESIK,- Tumpengan atau istilah lain Barik’an orang desa Dapet menyebutnya adalah salahsatu kegiatan yang selalu ada pada momen sedekah bumi/Tegal Deso, Selain wujud budaya yang sudah turun temurun, Barik’an juga dijadikan simbol ungkapan syukur secara spiritual oleh masyarakat tertentu yang dilaksanakan ditengah teriknya sinar Matahari atau pada waktu siang menjelang sholat Dzuhur, seperti yang dilakukan oleh masyarakat desa Dapet kecamatan Balongpanggang kabupaten Gresik, pada hari Sabtu 9/10/2021.

Berbagai menu sajian yang sering disebut ASAHAN (Tumpeng, Buah, hasil panen atau jajanan tradisional lainnya), semua disiapkan oleh masyarakat secara sukarela sebagai sedekah.

(9/10)Sabtu, Meskipun dikabupaten Gresk (Jawa timur) masih dalam level 1 pandemi covid tak menyurutkan Acara Sedekah Bumi didesa Dapet yang dikemas secara sederhana dan Prokes tersebut dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi dan komunikasi publik oleh Pemerintah Desa melalui rangkaian sambutan panitia dan kepala desa.

Ketua panitia sedekah bumi Yupi (Kepolo Dusun Kedungdowo Dapet) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta dalam mensukseskan acara ini.

Yupi juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan acara tahunan yang harus dilestarikan, sebagai wujud syukur dan sarana mengenang leluhur dengan berdoa untuk kebaikan bersama,pungkasnya.

Senada juga disampaikan Kepala desa Dapet Siswadi bahwa diadakan acara ini murni untuk melatih diri untuk ungkapkan syukur secara kolektif, walaupun secara individu kita sudah ekspresikan rasa syukur dengan cara dan keyakinan kita masing masing, sebab dengan bersyukur maka nikmat Alloh akan ditambah,jelas Siswadi.

Tak lupa Siswadi juga mengapresiasi kepada pelaksana dan masyarakat yang begitu kompak dalam pelaksanaan agenda tahunan ini, dan juga mari jaga protokoler kesehatan dalam pelaksanaan dari awal hingga selesai acara, ajak Siswadi sembari mengajak masyarakat untuk selalu mendukung NAWA KARSA Bupati, yang salah satunya adalah Bidang Kesehatan.

Siswadi juga tidak menyia nyiakan kesempatan tersebut dengan menyampaikan beberapa agenda dan rencana Pemdes Dapet dalam membawa kemajuan desa dan kesejahteraan masayarakat, dan salahsatunya yaitu mewujudkan Desa Dapet sebagai DESA WISATA BUDAYA dan lokasinya berada dimana acara ini dilaksanakan, dan desaign serta langka langka strategisnya sudah dipersiapkan, jadi masyarakat dimohon doa dan dukungannya.pungkas Kades yang juga ketua AKD Kecamatan Balongpanggang Ini.

Acara teruskan dengan Doa Bersama, mauidlotul hasanah dan ramah tama. (*/S)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!