Wujud Rasa Syukur, Warga Dusun Tuyuh, Desa Pangkatrejo Gelar Sedekah Bumi dengan Pagelaran Wayang Kulit

LAMONGAN – Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Masyarakat Dusun, Tuyuh, Desa Pangkatrejo, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, menggelar tradisi sedekah bumi, Jumat (01/10/21).

Sedekah bumi yang digelar secara rutin setiap tahun tersebut dikemas dengan kegiatan membawah tumpeng di pagi hari,  membaca Surat Yasin dan Tahlil di malam hari, dan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit.

Kepala Desa Pangkatrejo, Rudy Hartono, kepada awak media ini menuturka, bahwa sedekah Bumi ini sama dengan agenda tahun-tahun sebelumnya yaitu saat setelah panen Kedua.

“Dalam rangkaian acara sedekah bumi tahun ini Masyarakat menginginkan Hiburan wayang Kulit, mungkin karna rasa syukurnya terhadap hasil panen kemarin melimpah sehingga masyarakat berujar nanggap wayang,” ujarnya.

Sementara dalam kesempatan sama, Serman, selaku Tokoh masyarakat Dusun Tuyuh mengatakan, tradisi ini dilakukan setiap tahun sekali setelah Panen Raya Kedua.

“Selain tradisi Bawa Tumpeng ke Telaga, rangkaian acara sedekah bumi kali ini juga terdapat beberapa agenda lain. Mulai pengajian hingga makan bersama di sekitar kompleks  setempat dan siang ini ada Wayang Kulit yang kesemuanya dilaksanakan pada Juma’at ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Serman mengungkapkan, bahwa dalam acara tersebut banyak orang dermawan dari warga setempat yang pulang dari perantauan, dengan secara sukarela besar-besaran mengeluarkan tumpeng yang dihiasi berbagai macam makanan.

“Kebanyakan warga yang pulang dari perantauan dan punya rezeki lebih. Para dermawan tersebut, sengaja datang atau pulang kampung untuk meramaikan hajatan di Desanya,” pungkasnya. (Theris)

Editor : Eko Asrory

error: Content is protected !!