Kemenag Hentikan Penerbitan Kartu Nikah Fisik per Agustus 2021

GRESIK,-Kementerian Agama meluncurkan kartu nikah digital yang mulai dirilis /dipublikasikan pada akhir Mei 2021 lali, kini tiba saatnya Kemenag memutuskan untuk menghentikan penerbitan kartu nikah fisik. Sebagai gantinya, yang dimulai bulan Agustus 2021 ini.

Adapun penggantian kartu nikah fisik menjadi digital ini sesuai Surat Edaran Ditjen Bimas Islam Nomor B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital.

Hal ini perlu untuk dipublikasikan, sehingga media mencoba berkomunikasi dengan Kepala Kantor kementrian Agama (Ka Kankemenag) Gresik Markus, S.Pd M.MPd., untuk mendapatkan informasi terkait hal tersebut.

Kepada media Kepala Kantor kementrian Agama (Ka Kankemenag) Gresik Markus, S.Pd M.MPd., menjelaskan antara lain :

Bahwa kartu nikah digital ini merupakan implementasi dari program prioritas Menag yaitu program transformasi digital di kementerian agama, selain itu juga dalam rangka penguatan terhadap program revitalisasi KUA yang sudah di canangkan oleh Menteri Agama (Menag) beberapa waktu yang lalu.

Terkait Kesiapan, kankemenag Gresik sangat siap dan sudah mulai berjalan, artinya Kankemenag Kabupaten Gresik selaku pelaku kebijakan didaerah maka harus mengimplementasikan serta mentransfer informasi sampai ke akar rumput melalui Kantor Urusan Agama (KUA), dan program digitalisasi ini sangat perlu dan satu keharusan diera saat ini sebab lebih efektif dan efesien.

Demi terwujudnya program atau kebijakan tersebut Ia menambahkan bahwa Kankemenag Gresik akan terus beradaptasi dan berproses sembari menyampai apa yang sudah disampaikan oleh Dirjen Kemenag diantaranya :

Bahwa cara mendapatkan kartu nikah digital cukup mudah. Pasangan calon pengantin mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web di www.simkah.kemenag.go.id/. Pasangan calon pengatin harus mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif.

Proses selanjutnya adalah setelah pasangan pengantin tersebut selesai melaksanakan akad nikah, kartu nikah digital akan dikirim melalui email dan nomor WhatsApp yang telah didaftarkan melalui Simkah Web (sementara masih melalui email) dalam bentuk tautan atau ‘link’.

Sebagai penegasan kartu nikah digital tidak hanya diberikan kepada pasangan yang baru menikah saja, tetapi Kartu Nikah juga diperuntukkan bagi pasangan yang sudah lama menikah. Proses pengurusannya tak membutuhkan banyak syarat. Tahapan pengajuan kartu nikah digital bagi pasangan lama meliputi :

  1. Datang ke Kantor Urusan Agama tempat menikah.
  2. Data pernikahan dimasukkan ke dalam web Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).
  3. Kartu nikah digital akan dikirim melalui email dalam bentuk soft file.

Terobosan Cerdas kartu nikah digital yang disediakan secara gratis ini merupakan layanan baru dari Kemenag untuk mempermudah pasangan pengantin membawa dokumen nikah. jadi pasangan suami istri tidak perlu repot repot membawanya jika berpergian.(Sul)

Edifor : Iwan

error: Content is protected !!