Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Positif, Ahmad Nurhamim Puji Kinerja Pemerintah dan Harap Jadi Inspirasi Bagi Gresik

Ket/Foto : Ahmad Nurhamim (Wakil DPRD kab Gresik)

GRESIK – Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Tahun 2021 Positif, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Gresik H. Ahmad Nurhamim menyampaikan apresiasi atas keberhasilan pemerintah pacu pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid-19.

Terbukti dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonmi Indonesia pada kuartal ke II tahun 2021 berada pada zona positif yaitu 7,07 persen year on year (yoy).

“Alhamdulillah di masa pandemi covid-19 dimana banyak negara di dunia pertumbuhan ekonominya minus, Negara kita Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi pada kuartal II tahun 2021 bisa meloncat jauh 7,07 persen ,” ujarnya bersyukur, Jumat (6/8/2021).

Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik yang akrab dipanggil Anha itu, membaiknya kinerja perekonomian ini tak lepas dari kerja keras pemerintah khusunya Kementerian dibawah naungan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri RI, Dr. (HC) Airlangga Hartarto, MBA, MMT, IPU, sekaligus dukungan kalangan industry, Legislatif dan masyarakat pada umumnya.

“berharap raihan ini bisa menjadi inspirasi untuk pemerintah propinsi, kabupaten/kota untuk giat bekerja dan cerdas untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Gresik yang dipimpin oleh kader Golkar,“ harapnya.

Masih menurut Anha, Berdasarkan catatan BPS, sinyal positif perbaikan kinerja perekonomian ini tercermin dari sejumlah indikator. Diantaranya, Indeks Keyakinan Konsumen yang berada pada level optimis dengan skor 107,4 pada Juni 2021. Aktivitas manufaktur juga berada pada zona ekspansi ditunjukkan dengan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur di level 53,5 pada Juni lalu. Termasuk konsumsi listrik bagi industri dan bisnis yang tumbuh positif masing-masing 26,1 persen (yoy) dan 14,5 persen (yoy) pada bulan lalu.

“Stimulus yang digelontorkan KPC-PEN ternyata berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi kuartal ini. Misalnya, insentif relaksasi PPnBM untuk Kendaraan Bermotor yang bekerja luar biasa untuk mendorong konsumsi masyarakat. Hasilnya, BPS mencatat pertumbuhan kinerja industri alat angkut sebesar 45,70 persen yang turut berkontribusi pada perbaikan sektor industri pengolahan. Dimana, sektor ini masih menjadi tumpuan bagi perekonomian kita,” jelasnya.

Lebih lanjut politisi Partai Golkar yang dikenal merakyat itu menjelaskan, BPS mencatat seluruh sektor ekonomi telah tumbuh positif pada kuartal II-2021. Tak terkecuali sektor akomodasi, makanan, dan minuman, serta sektor transportasi yang tumbuh tinggi masing-masing sebesar 21,58 persen (yoy) dan 25,10 persen (yoy).

“Kita berharap kepada pemerintah untuk tetap menjaga momentum ini agar terus berlanjut pada kuartal-kuartal berikutnya dan Masyarakat juga diharapkan tetap mematuhi kebijakan pembatasan mobilitas, disiplin protocol kesehatan mendukung percepatan program vaksinasi untuk memacu pemulihan dunia usaha sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi positif,” pungkasnya optimis. (L/*)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!