Trend Covid-19 Meningkat, Neng Min Arahkan Desa Optimalkan Rumah Isolasi dan Tangani Pemakaman

Ket/foto : kepala puskesmas Cerme

GRESIK, – Trend kasus covid-19 semakin meningkat akhir-akhir ini. Pemerintah Kabupaten Gresik bergerak cepat untuk penanganannya. Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah memberikan arahan agar desa optimalkan/membuat rumah isolasi untuk korban Covid-19.

“Setiap desa harus punya tempat rumah isolasi untuk di desa,” terang wanita yang akrab dipanggil Neng Min saat silaturahmi bersama camat, ulama dan tokoh masyarakat di Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik, Sabtu (26/6/2021).

Ikut dalam silaturahmi tersebut KH. Mulyadi sebagai tuan rumah, H. Sujarto Camat Menganti, H. Idris Ketua MWC NU Menganti, Imron, Nur Kholis dan Ainur Rofiq (pengurus MGS).

Menurut Neng Min, ketika di desa ada kasus covid-19 yang tidak membutuhkan penanganan dokter, desa bisa melakukan isolasi secara mandiri dan mencegah penyebaran covid-19.

“jadi, ketika ada yang positif dan tidak perlu penanganan dokter, itu diisolasi oleh desa, cek gak mlaka mlaku nang di di (biar tidak jalan-jalan kemana-mana),” tegas Wanita pertama di Gresik yang sukses menjadi wakil bupati.

Dalam kesempatan itu, Neng Min juga berharap untuk pemakaman kasus meninggal covid-19 ditangani oleh pihak desa. “Sesuai dengan hasil rapat, nanti ada pemulasaran (perawatan jenazah) sendiri yang akan ke desa-desa itu di rumah sakit, nanti pemakaman itu diserahkan ke desa,” tandas Neng Min.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala UPT Puskesmas Kecamatan Cerme dr. Sukadi. Menurutnya pemakaman menjadi tanggung jawab desa.

“Pihak Puskesmas hanya mengkoordinasikan menyediakan APD serta breafing terhadap petugas pemakaman,” terangnya.

Menurut Sukadi, dalam penanganan pemakaman disampaikan ke kepala desa saat rapat koordinasi serta pada saat kunjungan ke desa.

“Akhirnya dipahami sampai saat ini semua itu berjalan sehingga pada saat ada kematian tidak kebingungan masalah pemakaman,” pungkas Sukadi optimis. (L/*)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!