Pimpinan DPRD Gresik Sampaikan 3 Hikmah Perayaan Hari Raya Di Tengah Pandemi Covid-19.

GRESIK,- Hari Raya Idul Fitri 1442 H di tahun 2021 ini menjadi momen yang kedua kalinya umat Islam merayakannya di tengah pandemi Covid-19. Berdasarkan keputusan sidang isbat, pemeritah memutuskan hari raya jatuh pada hari ini Kamis (13/5/2021). Tentunya banyak keterbatasan dalam merayakan karena regulasi yang dikeluarkan pemerintah demi mencegah jatuhnya korban.

Saat menjadi Khotib pada sholat Idul Fitri di Masjid Sirojul Mujahidin Desa Dadap Kuning Kecamatan Cerme Kamis (13/5/2021) ketua DPRD Gresik H. Muh. Abdul Qodir menyampaikan 3 hikmah penting perayaan hari raya di tengah pendemi covid-19.

“Katah sanget hikmah utawin pelajaran lan makna ingkang saget kito pundut saking wabah covid-19,” ujar pria yang akrab dipanggil Kaji Qodir dalam bahasa jawa.

Menurutnya dengan ada wabah ini, kita semua diajarkan untuk senantiasa bersabar dan selalu bersyukur atas ujian yang diberikan oleh Allah SWT.

“Karena hanya orang-orang yang bersabar, orang-orang yang bersyukur atas ujian Allah ingkang pikantuk kebahagiaan benjang yaumul qiyamah,” tambah Pria santri dari KH. Aziz Mansyur Pacul Gowang Jombang.

Kuncinya dalam bersabar adalah mengembalikan semua ujian ini bersumber dan akan kembali kepada Allah SWT.

Hikmah yang kedua adalah dengan adanya wabah ini menunjukan bahwa manusi adalah mahluk yang lemah. Hal ini terbukti wabah pandemi Covid-19 hanya disebabkan oleh sebuah virus yang ukurannya sangat kecil.

“Allah SWT memberikan kita ujian dengan mahluk yang kecil berupa virus covid-19, sehingga manusia tidak berdaya apa-apa,” tegas ketua DPC PKB Gresik.

Hal ini menunjukkan kuasa Allah SWT atas makhluknya, bahwa dengan virus sekecil itu manusia dibuat tidak berdaya sehingga tidak layak menyombongkan diri.

Hikmah atau pelajaran yang ke-3 adalah tentunya mengingatkan umat manusia akan kematian.

“Seluruh mahluk Allah yang bernafas atau bernyawa pasti akan meninggal dunia, pasti akan mengalami kematian,” jelas suami Ufiq Zuroidah anggota fraksi Golkar DPRD Jawa Timur.

Atas itu semua, ketua DPRD yang seorang santri itu berharap agar kita semua bersabar dan bersyukur atas semua ketentuan yang diberikan Allah SWT kepada kita semua.

Atas nama DPRD Gresik Kaji Qodir menyampaikan Selamat Merayakan Hari Raya Induk Fitri 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

“Mari kita rayakan idul Fitri tahun ini dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan dan semoga pandemi segera berlalu,” pungkasnya penuh optimis. (L/*)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!