Sedekah Darah, Gerakan Kolaborasi DMI dan PMI di Bulan Penuh Berkah

GRESK, – Bulan Suci Ramadan adalah bulan penuh berkah. Kedatangannya disambut dengan penuh kegembiraan dan diisi dengan berlomba-lomba mengejar kebaikan.

PD Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Palang Merah Indonesia Kabupaten Gresik mengelar aksi peduli sesama dengan tajuk “Gerakan Sedekah Darah Di Bulan Penuh Berkah” yang digelar mulai tanggal 23 April – 25 Mei 2021 pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Kepala Unit Donor Darah PMI Gresik dr. Jufrita Endryana menyampaikan alasan diadakan kegiatan ini. “Karena adanya pandemi Covid-19, unit kami mengalami kekurangan persediaan darah”, terangnya.

Menurut dokter yang juga pengurus DMI itu kebutuhan kantong darah dalam satu tahun yaitu sekitar 21.328 sedangkan Rumah Sakit yang dilayani sekitar 50 baik yang di dalam maupun di luar Gresik, utamanya yang di dalam wilayah Kabupaten Gresik

“Atas dasar itu, PMI bekerja sama dengan DMI untuk mengadakan donor darah demi memenuhi kebutuhan tersebut dengan menggerakkan jamaah masjid,” tambahnya.

Ketua PD DMI Gresik Zainal Abidin langsung merespon niat baik tersebut dengan menggagas “Gerakan Sedekah Darah” tersebut.

“Gerakan Sedekah Darah merupakan upaya membangun kepekaan dan solidaritas jamaah masjid kepada sesama manusia sebagai wujud ibadah menuju kesalihan sosial”, Jelasnya.

Menurut data DMI, jumlah masjid yang ada di Gresik sekitar 1.214 masjid, dan bulan depan gerakan ini akan diperluas sebagai bentuk inovasi program pengurus masjid yang tidak melulu seputar ibadah mahdoh saja.

“Mari sukseskan Gerakan Sedekah Darah Di Bulan Penuh Berkah ini, selain juga sedekah harta. Daftarkan segera masjid-masjid anda ke DMI Gresik, maka tim PMI dan DMI akan segera bergerak turun,” ajakan Ketua PD DMI termuda se-Jawa Timur ini.

Hal yang menarik dalam kegiatan ini bahwa setiap pendonor yang telah mendonorkan darah nya mendapatkan satu paket sembako dan mendapatkan kupon undian berhadiah sepeda motor yang akan diundi setiap 4 bulan sekali.

Ustadz Munawar, pengurus Takmir masjid An-Nur Perum Grend Hill Kembangan Kebomas sebagai lokasi pertama yang ditempati kegiatan tersebut mengatakan “Sungguh saya berterima kasih pada DMI dan PMI bisa menggugah jamaah masjid An-Nur untuk saling berbagi, alhamdulillah peserta sedekah darah meluber sekitar 70 orang diluar dugaan”. Kesannya bangga.

Sebagai informasi tambahan, bahwa selama bulan Ramadan gerakan sedekah darah ini diadakan sementara di 13 lokasi masjid yang menyebar di kecamatan Kebomas, Gresik, Manyar, Cerme, Kedamean, dan Ujungpangkah.(L/*)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!