Pemdes Pucangro-Kalitengah Beri Kegiatan Pelatihan Pemasaran Online di Era Industri 4.0 Kepada Warga

LAMONGAN – Pemerintah Desa Pucangro, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan memberikan kegiatan pelatihan pengembangan kompetensi digital dengan tema membangun kompetensi digital di era Industri 4.0, kepada para peserta pelatihan ibu-ibu/warga setempat agar dapat menguasai teknologi digital sebagai nilai tambahan meraih sukses di masa mendatang. Senin (19/4/21).

Zuli Kasmawanto, selaku Kepala Desa Pucangro sekaligus menjadi Dosen di salah satu Universitas di Lamongan, mengatakan, bahwa potensi yang dikembangkan di tingkat desa ini harus mampu dioptimal lagi, salah satunya adalah dengan memanfaatkan digitalisasi atau pemasaran Online.

“Pengusaha yang ada di Desa Pucangro ini kita ajak untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman terkait digital marketing atau Online marketing melalui pelatihan,” ujarnya.

“Pelatihan ini dimaksudkan agar para pelaku usaha mampu lebih terbuka terhadap peluang dan tantangan yang ada dalam era digital saat ini, salah satunya terkait pemasaran,” tambahnya.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Siti Shoimah salah satu narasumber dari Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan mengatakan Pemanfaatan digital marketing pada era industri 4.0 dapat dijadikan alternatif strategi dalam pemasaran produk agar memudahkan pelaku usaha memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen.

“Sedangkan dari sisi calon dapat digunakan sebagai media yang memudahkan dalam pencairan informasi produk. Akan tetapi penggunaannya tidak banyak disadari oleh pelaku usaha, terutama para UKM,” ungkapnya.

Kegiatan ini dirancang untuk tujuan  peningkatan pengetahuan dan kemampuan pelaku UKM dan Usaha dalam manajemen pemasaran untuk mendorong penjualan produk dalam skala luas, dan meningkatkan daya saing UKM peningkatan penguasaan digital marketing pada pelaku UKM untuk menarik minat calon konsumen dan rasanya kebanyakan orang memang sudah pernah melakukan transaksi atau berbelanja secara Online. Selain karena lebih mudah dan praktis,  juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

“Beberapa website belanja Online terbaik bahkan memiliki keunggulannya masing-masing diantaranya Bukalapak merupakan satu dari banyak website belanja Online. Bukalapak sendiri menyediakan berbagai layanan dan fitur bagi siapa saja yang ingin membuka toko Onlainya sendiri,” jelasnya.

Shopee merupakan sebuah situs yang menjual banyak produk, lanjut Siti Shoimah, di sana Anda bisa menemukan banyak  produk terlebih Shopee juga menawarkan promo menarik yakni gratis ongkir hingga diskon yang sangat menggiurkan. Di sana, ibu-ibu juga bisa menjualkan produk yang dimiliki dan membuka toko Online sendiri. Tokopedia tak kalah terkenal dengan Bukalapak dan Shopee, Tokopedia juga menjadi salah satu website belanja Online terbaik yang bisa ibu-ibu pilih.

Tokopedia cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin berbelanja. terlebih bagi ibu-ibu pemilik bisnis yang menjalankan usaha kecil ataupun usaha mikro menengah karena Tokopedia sangat mudah digunakan di Tokopedia juga sudah menyediakan metode pembayaran yang aman dan terpercaya.

“Jadi, bagi ibu-ibu penjual maupun pembeli tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Uang hasil pembelian akan dikelola pihak Tokopedia, jika pesanan sudah sampai dan dikonfirmasi pembeli maka uang akan ditransfer kepada penjual,” tandasnya. (Theris)

Editor : Eko As

error: Content is protected !!