KJL Kebersamaan untuk Satukan Visi-Misi Regenerasi Jurnalis Lamongan di Masa Depan

LAMONGAN –  Puluhan Jurnalis Muda yang tergabung dalam Wadah Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) ini setelah mengadakan Kopdar (Kopi Darat) guna membahas rencana kegiatan yang akan digagas bersama pada Bulan Ramadhan tahun 2021, Rabu (12/4/21).

KJL merupakan wadah Bagi para Jurnalis di Kabupaten Lamongan, didirikan untuk menghimpun dan menyatukan visi misi seluruh Awak Media dari Gabungan beberapa Media Online dan Cetak yang ada di Kabupaten Lamongan. KJL Berdiri pada bulan 26 Februari 2021. Bulan Februari adalah Bulan Spesial Bagi Insan Pers Indonesia, Karena Bertepatan dengan HPN (Hari Pers Nasional).

Salah Satu Pendiri sekaligus deklarator KJL, Achmad Bisri Jurnalis Jatimpos.co mengatakan, Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) masih terbilang wadah baru, dan ini menjadi wadah untuk belajar dan berbagi pengalaman bersama dan berupaya untuk berkembang menjadi jurnalis yang berkualitas.

“KJL ini didirikan untuk menghimpun dan menyatukan visi misi seluruh Wartawan di Kabupaten Lamongan, dan selain ada jurnalis muda, Beberapa Anggota KJL juga ada yang tergolong Jurnalis Lawas. Mereka Berkenan untuk Gabung Dalam KJL Ini guna tukar pikiran dan Pengalamannya di bidang Jurnalistik dan media”, ujarnya.

Sementara menurut Frey dari media Kabar1News.com, bahwasannya KJL Sudah melakukan Komunikasi, Kajian dan Pendekatan ke berbagai kalangan, Terutama Para Wartawan Senior di Jawa timur dan Jakarta Pusat. Dan kedepannya akan terus berkomunikasi dengan semua elemen wartawan di Lamongan, Terutama di Perbatasan Kabupaten Lamongan, yang mana selama ini belum tersentuh atau belum tergabung dalam Organisasi wartawan di Lamongan.

“Sebelum membuat wadah KJL ini para Jurnalis senior di surabaya dan Jakarta juga diajak berdiskusi sehingga memutuskan untuk membuat wadah Komunitas Jurnalis sebagai salah satu Jalan Komunikasi yang lebih fleksibel,” ungkap Frey (sapa akrabnya) yang juga C.E.O dari PT. Kabar Satu Nusantara Media Group Indonesia.

Sementara itu, Hal senada juga di ungkapkan oleh M. Helmi Romdhoni, Pimred media Online Nasional Inanews.co.id di jakarta, Melalui WhatsApp dirinya menuturkan, KJL ini harus Jadi wadah bagi lintas wartawan di kabupaten Lamongan, baik yang berafiliasi kepada organisasi profesi maupun yang tidak berafiliasi dengan organisasi profesi yang ada.

Berbagai diskusi membangun di beberapa kesempatan akan terus dilakukan. Karena pembentukan KJL bukan untuk mengibarkan bendera persaingan dengan siapapun.

“Pekerjaan Rumah bagi KJL (Komunitas Jurnalis Lamongan) harus komunikasi lancar dan berembug, agar bisa berjalan bersama. Hal terpenting adalah satunya visi dan misi di KJL antara semua wartawan yang ada, dengan beragam latar belakang perusahaan Media tersebut,” tuturnya.

KJL juga harus mampu mengakomodasi dan terbuka bagi seluruh wartawan di Kabupaten Lamongan untuk bergabung guna membangun kebersamaan dan sebagai Wadah Pembinaan Regenerasi Jurnalis muda Lamongan di masa depan.

“KJL berupaya dan bertekad untuk membangun iklim Jurnalistik yang lebih baik, melalui sinergitas dengan semua pihak dan melakukan peliputan berita yang aktif, yang Baik dan Membangun. Sehingga menghasilkan karya jurnalistik yang lebih bermanfaat, mendidik, terwadahi dengan baik, dan jurnalisme yang berkeadilan,” M. Helmi.

Sambung Koordinator KJL, Achmad Bisri menuturkan setelah acara Kopdar kemaren, selain membahas rencana kegiatan sosial Bulan Ramadhan ini, juga akan membuat Sharing tentang Dunia Media dengan Para Pengurus JMSI jawa timur untuk Perusahaan Media, para wartawan dan karyawan Pers lainnya di lamongan.

“Alhamdulilah, Setelah beberapa waktu Kemaren Komunikasi di surabaya, Para Pengurus JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) Berkenan Hadir di Lamongan. Kita (KJL) berprinsip pada sinergi, sudah ada 26 Jurnalis media yang tergabung di KJL, dan siap kolaborasi dan akselerasi dalam membangun Insan Pers yang Bermutu di Kabupaten Lamongan Kedepannya,” pungkasnya. (*)

Editor : Eko As

error: Content is protected !!