Kabar Panceng Gelar Bazar Ramadan Untuk Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

GRESIK, – Khoirunnas Anfauhum Linnas. Artinya, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memberi manfaat bagi manusia lainnya. Hadist Nabi Besar Muhammad SAW inilah yang kini tengah dijalani penuh istiqomah oleh Dulur-Dulur Kabar Panceng.

Selama ini, tanpa banyak bicara, mereka melakukan aksi nyata yang bermanfaat untuk sesama. Mulai membiayai
pengobatan warga tidak mampu, mengasuh anak jalanan (anjal), bedah rumah keluarga miskin (gakin) dan aksi sosial kemanusiaan lainnya.

Kini, di bulan suci Ramadan yang bergelimang berkah, Kabar Panceng pun tak tinggal diam. Terlebih di masa pandemi yang belum juga sirna. Banyak masyarakat terdampak pandemi yang membutuhkan bantuan agar bangkit dari keterpurukan ekonomi.

“Alhamdulillah, di bulan suci Ramadan tahun ini, kami masih istiqomah berbagi dengan menggelar giat sosial ‘Bazar Ramadan Kabar Panceng’. Giat sosial ini merupakan bagian dari aksi nyata Program masyarakat tangguh menghadapi pandemi di bulan suci Ramadan,” ungkap Ketua Umum Kabar Panceng, Didik Ahmad Sihabul Milah, Rabu (14/4/2021).

Program ini, lanjut Didik–sapaan akrabnya–bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang kian terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Dijelaskan Didik, upaya Kabar Panceng ikut andil membantu masyarakat bangkit kembali dalam perekonomian ini dikemas menjadi program masyarakat tangguh di bulan suci Ramadan.

  1. Contoh nyata yang kami lakukan adalah pembelian hasil tani masyarakat berupa padi yang kita beli di atas harga pasar bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang sesuai, hasil dari pengolahan padi setelah kita proses dan kita kemas lalu kita bagikan ke warga, program ini kita beri nama ‘Lumbung Pangan Kabar Panceng’.
  2. Bisa kita lihat tenda-tenda dan rombong-rombong di Bazar Ramadan Kabar Panceng, kita siapkan bagi masyarakat dan gratis. Setiap hari kami membeli dagangan masyarakat secara bergilir dan akan kita bagikan ke setiap rumah warga Desa Wotan, tanpa terkecuali sampai seluruh rumah yang ada di Desa Wotan mendapatkan manfaat.
    Program ini kita beri nama Takjil Dilevery Gratis’.

Tidak cukup sampai di situ, nantinya setelah Ramadan, tenda-tenda dan rombong-rombong ini akan kita jadikan pasar malam dan pasar tradisional yang bertujuan untuk menumbuhkan para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) agar menjadi lebih maju dan punya daya saing bagi target pasar.

“Mohon doanya, semoga aksi nyata giat sosial kemanusiaan yang selama ini dilaksanakan Dulur-Dulur Kabar Panceng membawa berkah dan senantiasa mendapat Ridho dari Allah SWT,” ucap Didik sambil membagikan sembako kepada fakir miskin, yatim piatu, dan kaum dhuafa lainnya.(*/H)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!