Pemdes Pangkatrejo-Lamongan Berikan Sosialisasi dan Edukasi Prokes PPKM Mikro

LAMONGAN – Pemerintah Desa Pangkatrejo, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan Bersama Forpimcam dan TNI polri memberikan sosialisasi dan Edukasi Protokol Kesehatan PPKM (pesmberlakuan pembatasan kegiatan Masyarakat).

Kepala Desa Pangkatrejo Rudi Hartono mengatakan PPKM Bersekala Mikro , posko di Desa PangkatRejo diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

“Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” ujarnya, Selasa (12/4/21).

Rudi menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat desa Pangkatrejo  memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” jelas Rudi Hartono.

Pembentukan posko tersebut dipimpin oleh kepala desa dimana salah satu tugasnya adalah menilai status zona wilayahnya.

“Dari penilaian zonasi, maka kepala desa/lurah dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai. Kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah,” ungkapnya.

Selain itu, pimpinan posko juga memiliki tugas, yaitu menentukan struktur dan sumber daya manusia (SDM).

Sementara, Babinkamtipmas Desa Pangkatrejo Aiptu H.Irvan juga mengatakan bahwa PPKM Mikro dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT, mulai dari zona hijau sampai dengan zona merah, dengan strategi pengendalian masing-masing sesuai dengan zonanya.

“Mari kita taati pemberlakuan PPKM ini agar dapat menekan tingkat penularan Covid-19 di daerah kita masing-masing,” pungkasnya. (Theris)

Editor : Eko As

error: Content is protected !!