Wagub Emil Harap TVRI Jadi Mitra Pengembangan Karakter dan Kreativitas Masyarakat Jatim

SURABAYA Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menerima Direktur Utama (Dirut) TVRI Iman Brotoseno yang didampingi Kepala TVRI Jawa Timur Akhbar Sahidi di Gedung Negara Grahadi, Jumat (9/4/21) pagi.

Wagub Jatim yang lekat disapa Emil Dardak ini berharap, TVRI bisa menjadi mitra Pemprov Jatim untuk mengembangkan karakter dan kreativitas masyarakat Jawa Timur.

“Kami berharap kita bisa mewadahi pengembangan karakter dan kreativitas masyarakat Jawa Timur berkolaborasi dengan TVRI,” ujar Wagub Emil.

Wagub Jatim ini menilai, aset negara yang bergerak di bidang penyiaran ini memiliki fungsi penting membangun karakter dan memfasilitasi karya-karya kreativitas anak bangsa. Dan seyogyanya hal ini dapat dimanfaatkan oleh Pemprov Jatim untuk membentuk karakter dan sebagai ruang kreativitas bagi seluruh masyarakat Jawa Timur.

“TVRI ini aset negara dalam arti aset ini maksudnya TVRI adalah salah satu sarana bagi negara untuk bisa membangun karakter masyarakat yang tentunya baik dan itu tidak bisa diukur hanya komersilnya saja,” ucapnya.

Saat ini, pembangunan karakter juga dilakukan melalui dunia digital, begitupun dengan TVRI yang saat ini mulai merambah ke platform digital. Oleh sebab itu, Wagub Emil semakin optimis bahwa TVRI mampu berperan dalam pembentukan karakter di era saat ini serta bersaing dengan dunia broadcasting lainnya.

“TVRI sendiri yang ternyata banyak yang kita belum tahu kalau per hari ini pun sudah mulai bisa di jajal di kanal-kanal digitalnya TVRI. Yakni menampilkan tayangan dengan kualitas transmisi gambar dan suara yang jauh lebih baik,” tuturnya.

Emil pun menambahkan, salah satu kelebihan TVRI adalah masih bisa diakses secara konvensional atau melalui saluran televisi. Karena sistem yang dipakai saat ini adalah hybird.

“Keuntungannya, masyarakat masih bisa mengakses TVRI dengan gratis yang artinya tanpa mengeluarkan biaya ataupun kuota,” tambahnya.

Lebih lanjut, Emil yang pernah menjabat Bupati Trenggalek ini menyampaikan bahwa Jawa Timur memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang bergerak di bidang industri kreatif. Dirinya pun mengajak TVRI untuk bisa berkontribusi di dalamnya.

“Kita ada kawasan ekonomi khusus di Singosari yang ditetapkan oleh Bapak Presiden dan salah satu area yang menjadi fokus selain dari animasi adalah broadcasting dan film,” jelasnya.

Wagub Emil kembali menegaskan, Bangsa Indonesia dan masyarakat Jawa Timur memerlukan lembaga penyiaran publik sukses yang tidak diukur atau diatur oleh selera yang komersial semata. Tetapi juga harus bisa membangun karakter bangsa tetapi tetap dengan cara yang menghibur dan menarik.

“Suksesnya TVRI adalah tanggung jawab kita Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Semakin berkembangnya TVRI dan beradaptasi dengan platform digital membuat Emil Dardak yakin TVRI akan selalu berinovasi dan mengahasilkan tayangan yang mendidik, berkarakter, dan terus mengikuti perkembangan.

“Saya optimis bahwa TVRI terus berinovasi apalagi tadi juga sudah mulai Hybrid menghasilkan tayangan-tayangannya di format-format YouTube juga jadi multiple channel,” pungkasnya. (Guh/*)

Editor : Eko As/Iwn

error: Content is protected !!