Tingkatkan Layanan Masyarakat, Kades Sugiwaras-Kalitengah Mutasi Perangkat Desa

LAMONGAN – Kepala Desa Sugiwaas, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, melantik dan mengambil sumpah 1 (satu) perangkat desa diantaranya Sekretaris Desa (Sekdes) tepatnya di Balai Desa setempat, pada Kamis (08/04/21).

Pelantikan dan pengambilan sumpah yang dihadiri Camat, Danramil dan Kapolsek kalitengah tersebut dilaksanakan selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat setempat juga untuk memenuhi kekosongan jabatan Sekdes (Sekretaris Desa) karena pejabat sebelumnya PNS jadi ditarik ke Kecamatan.

“Kami ucapkan selamat kepada Sekretaris Desa (Sekdes) yang baru saja dilantik dan diambil sumpah. Semoga bisa mengemban amanah dan menjalankan tugas dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa,” ucap Kepala Desa Sugiwaras Siaji.

Siaji menyampaikan, bahwa Sekdes dilantik dan diambil sumpah, setelah adanya mutasi dalam jabatan Perangkat Desa Sugiwaras  atas dasar Perbup No.29 tahun 2019 dan Surat Edaran No. 141/78/413.108/2020 tentang Petunjuk Teknik Mutasi Jabatan Perangkat Desa. 

“Sekdes terlantik Supriyono  yang sebelumnya menjabat sebagai Kaur umum dan perencana, kini jabatannya tersebut kosong,” ujarnya.

Sementara, Camat Kalitngah Sujirman Sholeh juga menyampaikan ucapan selamat kepada perangkat desa/Sekdes yang telah dilantik dan diambil sumpah.

“Kita berharap dengan adanya Sekdes  bisa secepatnya menyesuaikan dan menjalankan tugas, karena tempat kerja sama hanya tupoksi mengalami perubahan,” jelas Sujirman Sholeh  dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Sujirman, menghimbau kepada yang telah dilantik untuk bisa bersinergi dengan perangkat desa lainnya.

“Mengingat kerja kita itu satu sistem, diibaratkan kalau yang terantuk batu itu kaki kita. Maka yang teriris pisau itu jari kita tetapi yang merasakan sakit semuanya,” imbuhnya.

Sekdes memiliki peran sangat penting karena tidak hanya mengakomodir kepentingan dari Kaur, Kasi atau Staf, termasuk juga harus bisa melayani Kepala Desa. Tidak hanya itu, Sekdes juga harus bisa mendistribusikan pekerjaan yang ada di desa, sehingga pekerjaan itu tidak menumpuk di Sekdes saja.

“Tetapi Sekdes juga harus bisa ambil peran membagi tugas, sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan benar. Dan dalam pelaksanaan pekerjaan yang ada di desa jangan ada yang menang-menangan harus kerjasama semuanya,” tegasnya.

Dalam kesempatan sama, Sekdes terlantik Supriyono mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, meskipun dirinya tidak asing lagi di kantor desa, akan tetapi tanggungjawab semakin besar kepada masyarakat.

“Dengan jabatan yang sekarang dipastikan tanggung jawab semakin besar. Secepatnya saya akan segera menyesuaikan diri agar pelayanan kepada masyarakat setempat semakin meningkat,” pungkas  Supriyono. (Theris)

Editor : Eko As

error: Content is protected !!