Desa Kuluran Wakili Desa Se-Kecamatan Kalitengah dalam Penilaian Lomba ASMAN Melalui Pemanfaatan Toga dan Akupresur Tingkat Kabupaten

LAMONGAN – Kawasan Rumah Tanaman obat Bunga Matahari milik warga Desa Kuluran, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, bukan hanya sekedar pemanfaatan dan rancangan perkarangan menjadi kebun bibit saja tetapi berguna bagi peningkatan kesehatan di tengah pandemi Covid 19 ini.

Ibu Camat Kalitengah Sujirman Sholeh kepada awak media ini mengatakan, dengan adanya pemanfaatan lahan kosong untuk di tanami segalah macam tanaman obat  itu, mereka bisa mewakili Desa se-Kecamatan Kalitengah dalam penilaian Program Kelompok Asuhan Mandiri (ASMAN) tingkat kabupaten.

“Sekitar ratusan jenis tanaman toga dan Akupresur berhasil ditanam dan dikembangkan oleh ibu-ibu PKK melalui program Asman Bunga Matahari Desa Kuluran, Kecamatan Kalitengah dan berhasil dikembangkan oleh mereka,” ujarnya, Selasa (07/04/2021).

Ibu Camat menjelaskan, bahwa Desa Kuluran mengembangkan tanaman Toga sejak tahun 2018. Dimana semula para kader Asman mengikuti sosialisasi yang di gelar oleh Dinas Kesehatan Lamongan.

“Semoga dengan adanya program ini diharapakan bisa menjadi wisata edukasi. Kesuksesan ini tak bisa lepas dari program-progran yang dicanangkan oleh Pemkab Lamongan,” ungkapnya.

Kami sangat berharap Desa Kuluran dengan program Asman Bunga  Matahari bisa  seperti Candi tunggal yang sudah mendapat juara tanaman Toga dan bisa menjadi contoh bagi desa lainnya.

“Begitu juga Desa Pucangro masuk dalam kategori Desa Bersinergi dan Desa Pengangsalan kategori sebagai Desa Sehat,” harap Istri Camat Kalitengah Sujirman Sholeh.

Sementara, Tim penilai dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan Erna Sulistyo Ningsi mengatakan, Desa ini sangat diharapkan menjadi perhatian dan viral secara nasional.

“Prestasi mereka luar biasa, karena menjadikan seperti saat ini membutuhkan waktu dan kerja keras. Apalagi saat ini mampu mewakili Desa se-Kecamatan Kalitengah,” tutur Ketua Tim Penilai Asman  Kabupaten.

Meski demikian, Erna menjelaskan, penilaiannya tidak cukup itu saja. Tapi ada aspek lainnya. Diantaranya warga desa harus bisa memanfaatkan program Asman ini tanpa harus membeli obat ke Apotik.

“Semoga Desa Kuluran dengan programnya ini bisa meraih juara satu dalam event tingkat  Kabupaten,” tukasnya. (Theris)

Editor : Eko As

error: Content is protected !!