Dituntut 2 Tahun Penjara, Pledoi Dua Terdakwa Korupsi DD Sumberjo-Pucuk Minta Dibebaskan

Foto/Ket : Suasana Persidangan

LAMONGAN – Proses hukum kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Achmad Andis dan Kasi Ekbang Bulhar yang saat itu menjabat sebagai PJ Kepala Desa Sumberjo, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, terus berlanjut di Pengadilan Negeri Tindak Pidana  Korupsi (Tipikor) Surabaya. Selasa (06/04/21).

Terdakwa Achmad Andis dan Bulhar disangka melakukan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) penyalahgunaan Dana Desa (DD) dan Bumdes tahun 2019 di Desa Sumberjo, kedua Terdakwa Diduga bersama-sama melakukan pengurangan volume pembangunan di Desa Sumberjo sekitar 11 item yang tidak pas dihitungnya dan kerugian kurang lebih Rp. 100 juta, sementara Dana Bumdes selama 1 tahun mengendap disalah satu tersangka tidak digulirkan, dan nilainya sekitar 50 juta.

Menurut Mumahmmad Subhan selaku Kasi Pidana Khusus (Pidsu) Kejaksaan Negeri (Kejari) Lamongan, bahwa agenda persidangan pembacaan Agenda persidangan hari ini adalah Pembacaan Pledoi dari masing-masing Terdakwa.

“Terdakwa Andis dalam pledoinya meminta hakim Membebaskan dari segala Tuntutan PU. Sedangkan Terdakwa Bulhar dalam pledoinya pada intinya memohon Keringanan atas Tuntutan PU,” ujarnya.

Lebih lanjut Subkhan menjelaskan, bahwa sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim I Ketut Suarta, SH., MH dengan Hakim anggota 1. Dr. Elma Eliyani, SH., MH., Hakim anggota 2. Kusdarwanto, SH., SE. M H., serta Panitera (Bulhar) Dias Suroyo, SH., MH., Panitera (Andis) Hery Marsudi, SH., dan tim dari JPU (Nizar, SH., MH.).

“Pengacara/ P.H (Bulhar). 1. Dyah Kusumaningrum. SH., M.H., 2. Seno Widyantoro, SH., 3. Nurul Hidayati, SH. Dan Pengacara/PH (Andis). Bowo, SH,” jelas Subkhan.

Sementara persidangan dimulai Pukul 10.00 WIB, Selesai, pukul 11. 00 WIB. Dan Sidang dilaksanakan secara virtual di ruang Candra Pengadilan Tipikor  Surabaya, Para terdakwa berada di Rutan Lamongan dan berjalan aman dan lancar.

“Agenda Sidang selanjutnya diagendakan hari Senin untuk Terdakwa Andis dengan agenda persidangan Replik dari PU. Sedangkan untuk Terdakwa Bulhar agenda persidangan Putusan Majelis Hakim pada hari Selasa tanggal 20 April 2021,” tandas Subkhan.

Perlu diketahui, sidang Sebelumnya dengan agenda pembacaan tuntutan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Terdakwa Bulhar, S.H Bin (Alm) Joyo Ijo dengan pidana penjara selama 2 (Dua) Tahun dikurangi selama Terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah supaya Terdakwa tetap ditahan, dan Pidana Denda Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan.

Menjatuhkan terdakwa Bulhar untuk membayar uang pengganti sebesar Rp. 76.778.550,- Tujuh Puluh Enam Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Lima Puluh Rupiah) dan jika dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap tidak membayar, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi Uang Pengganti tersebut dan dalam hal Terdakwa tidak mempunyai harta yang mencukupi untuk membayar Uang Pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 1 (satu) Tahun.

Sementara, Terdakwa Achmad Andis dengan pidana penjara selama 2 (Dua) Tahun dikurangi selama Terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah supaya Terdakwa tetap ditahan, dan Pidana Denda Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 3 (Tiga) bulan.

Menjatuhkan terdakwa Achmad Andis Bin Sholeh untuk membayar uang pengganti sebesar Rp. 22.500.000 (dua puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) dan jika dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap tidak membayar, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi Uang Pengganti tersebut dan dalam hal Terdakwa tidak mempunyai harta yang mencukupi untuk membayar Uang Pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 1 (Satu) Tahun, (As)

Editor : A. Eko As

error: Content is protected !!