KPUD Memanggil Atek Untuk Klarifikasi Terkait PAW Anggota Fraksi Golkar DPRD Gresik

Foto/Ket : Atek bersama Ketua KPUD Kab Gresik

GRESIK, – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Gresik bergerak cepat. Setelah kemarin menerima surat dari DPRD Kabupaten Gresik perihal Verifikasi Persyaratan Calon PAW DPRD, Hari ini Rabo (31/3/2021) KPUD Gresik memanggil Atek untuk klarifikasi terkait PAW anggota DPRD dari Partai Golkar.

Atek tiba di kantor KPUD Jl. Dr. Wahid Sudirohusodo Gresik sendiri sekitar pukul 12.12 siang diterima langsung oleh Ketua KPUD Gresik Akhmad Roni dan komisioner KPUD Gresik Elvita Yulianti.

Kepada Media, Akhmad Roni menyampaikan bahwa pemanggilan kali ini untuk menindaklanjuti surat dari DPRD Gresik Perihal PAW Partai Golkar.

“DPRD kirim surat ke KPU berdasarkan surat DPD Golkar karena ada anggota DPRD yang meninggal dunia, untuk PAW, siapa yang menggantikan ? DPRD minta ke KPU,” terang Roni.

Selanjutnya menurut Roni, KPU akan mengkaji siapa terbanyak berikut dari partai Golkar untuk dapil 4 (Driyorejo- Wringinanom) Setelah Sugiyo yang meninggal dunia.

“Untuk Golkar, terbanyak berikutnya Pak Atek,” tegas Roni.

Proses klarifikasi ini menjadi penting untuk mengetahui apakah calon penggantinya memenuhi syarat atau tidak.

“Pak Atek hari ini kita klarifikasi, karena memang harus ada proses klarifikasi, apakah yang menggantikan ini memenuhi syarat ?,” tambah Roni.

Roni menegaskan bahwa pemanggilan Atek hari ini adalah terkait calon pengganti anggota DPRD dari Partai Golkar.

“Dipanggil hari ini sebagai calon pengganti, karena kita lihat suara terbanyak berikutnya setelah almarhum itu kalan beliaunya,” tegas Roni sambil menunjuk Atek Sekretaris DPD Partai Golkar Gresik.

Proses PAW anggota DPRD mengacu pada PKPU No. 6 Tahun 2019 dimana ada tiga alasan anggota DPRD bisa diganti atau PAW :

  1. Mengundurkan diri
  2. Meninggal dunia.
  3. Tidak memenuhi syarat.

Selanjutnya KPUD Gresik mempunyai waktu 5 hari kerja untuk membalas surat dari DPRD Gresik.

“Paling lambat hari rabo kita akan membalas surat dari DPRD,” pungkas Roni. (L/*)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!