Pemerintah Desa Keben gelar Pelatihan Kader Posbindu PTM

LAMONGAN – Pemerintah Desa Keben, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, menggelar Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), Selasa, (30/3/21).

Bertempat di Balai Pendopo Desa Keben, acara tersebut diikuti oleh TP-PKK, para kader Posbindu/Masyarakat setempat. Selain itu, acara itu juga bekerjasama dengan Puskesmas Turi.

Drs. H. Abdul Kholik selaku Kepala Desa Keben mengatakan, bahwa kegiatan ini Sempat terhenti karena pandemi Covid-19, pelaksanaan Posbindu PTM Desa mulai dilaksanakan kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun masih dalam pandemi Covid-19, kegiatan Posbindu PTM ini sanggatlah penting bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada bulan Januari dan Februari yang lalu, lanjut Abdul Kholik, pelaksanaan Posbindu dihentikan sementara karena Covid-19.

“Namun sekarang Alhamdulillah Desa Keben sudah tidak ada lagi warga yang terpapar Covid, sehingga kegiatan Posbindu ini dapat dijalankan kembali,” ungkapnya.

Sementara Petugas Puskesmas Turi (Suparmi) menjelaskan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) merupakan wujud peran serta masyarakat dalam kegiatan deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular secara mandiri dan berkesinambungan.

“Kelompok PTM Utama adalah diabetes melitus (DM), kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suparmi menegaskan, bahwa tujuan dari Posbindu sendiri meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM.

“Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas,” tandasnya. (Theris)

Editor : Eko As

error: Content is protected !!