M.Yunus (DPRD Gresik) Dengarkan Masukan Masyarakat Terkait Raperda Baru Tahun 2021

Foto/Ket : M.Yunus publik hearing dikedamaian

GRESIK,-Triwulan pertama, Seluruh anggota dewan kabupaten Gresik mulai tanggal 27-28 Maret 2021 Menggelar agenda publik hearing tema 4 macam reperda baru 2021.

4 macam Raperda tersebut antara lain : Raperda tentang desa wisata, Raperda tentang Retribusi pelayanan persampahan dan kebersihan, Raperda perlindungan bagi nelayan dan Raperda perlindungan ketenagakerjaan.

(28/3/2021)Minggu, Terlihat dewan asal PPP diwilayah Kedamaian yang bernama Mokhamad Yunus didampingi tim akademisi dari UNEJ lagi memaparkan Raperda tentang retribusi pelayanan persampahan dan kebersihan.

Menurut M.Yunus (Anggota dewan) Raperda tentang Restribusi pelayanan persampahan ini penting harus kita sampaikan kepada masyarakat, Kenapa demikian masyarakat kita ada untuk memberikan masukan/aspirasi terhadap rancangan peraturan ini, Sebelum kita bahas dan kita paripurnakan Raperda ini.

“Ini merupakan sebuah regulasi yang nantinya ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah, Sebab masalah sampah ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan segara teratasi.”Ungkap M.Yunus

Masih kata M.Yunus, Terkait Retribusi ini tentu kita melibatkan masyarakat kenapa demikian ? Sebab Pembiayaan untuk menyelesaikan persoalan sampah itu harus dilakukan secara bersama-sama antara masyarakat dan pemerintah daerah.

Disisi lain dengan aturan ini tentu akan ada nilai pemberdayaan untuk masyarakat kita, Suatu misal Sampah kalau nanti sudah terkumpul di TPS sebelum dibawah ke TPA bisa dikelola sebelumnya, Sehingga nanti bisa muncul bank sampah dan inilah yang dimaksud pemberdayaannya.

Pelaksanaan publik hearing yang dilakukan Anggota DPRD tersebut terpantu menerapkan protokol kesehatan covid-19, Jumlah stekolder terbatas dan juga terlihat dibatasi.(Iw)

Editor : Iwan

error: Content is protected !!