Perkuat Ketahanan Pangan, Pemdes Sukosongo Bangun Embung Buntung

LAMONGAN – Untuk memperkuat ketahanan pangan, Pemerintah Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, dengan dibantu anggota TNI-POLRI membuat waduk (Embung) “Buntung” yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021.

Menurut Kepala Desa Sukosongo Akhmad Zaenal Arifin, bahwa pembangunan Embung “Buntung” yang luasnya lebih kurang 5000m2 dan sekitar 1.5 Hektar berasal dari Dana Desa tahun 2021.

“Dengan dibuatnya embung di atas tanah Desa diharapkan mampu meningkatkan produksi  pangan,” ujarnya kepada Awak media ini. Rabu (23/3/21).

Embung atau tandon air merupakan waduk berukuran mikro di lahan pertanian (small farm reservoir) yang dibangun untuk menampung kelebihan air hujan.

“Secara operasional embung berfungsi mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman atau ternak di musim kemarau dan mencegah banjir di musim penghujan tak hanya itu Embung juga bisa dijadikan Obyek Wisata,” ungkapnya.

Seperti kita ketahui, lanjut Akhmad Zaenal Arifin, mayoritas warga Desa Sukosongo ini berkecimpung dalam sektor pertanian. Jadi penggunaan sebagian dana desa untuk pertanian saya rasa sudah tepat.

“Salah satunya adalah pembuatan embung pertanian untuk menangkap air. Adanya embung akan bermanfaat bagi desa yang selama ini langganan kekeringan saat kemarau,” paparnya.

Lebih lanjut, Akhmad Zaenal Arifin menegaskan, dalam menjalankan tugas amanah ini, baik itu program pembangunan maupun yang lain  melalui dana desa sangat diperlukan perencanaan yang matang dan bijaksana.

“Agar tidak melanggar ketentuan yang telah tetapkan dari perencanaan sampai pelaksanaan,” tandasnya. (Theris)

Editor : Eko As

error: Content is protected !!