Wagub Emil Harap Menwa Ikut Tegakkan Prokes di Masyarakat

SURABAYA – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak berharap Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahasurya Jatim menjadi komponen pembela dan pertahanan negara dalam pencegahan pandemi Covid-19. Salah satunya adalah ikut mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes).

“Menwa juga hadir dalam mendisiplinkan protokol kesehatan di tengah masyarakat sebelum pandemi Covid-19 dinyatakan usai oleh pemerintah pusat maupun WHO,” kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak Pengukuhan Komandan dan Wakil Komandan Menwa Mahasurya Jatim periode 2019-2022 di Ruang Binaloka, Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan Surabaya, Minggu, (28/2/21).

Emil Dardak menjelaskan, Menwa Jatim mampu mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman bagi masyarakat. Sebab, menurut Emil, kader-kader Menwa Jatim berasal dari perguruan tinggi yang dibekali kompetensi bela negara.

“Saya yakin, komandan dan wakil komandan yang baru memiliki bekal tersebut dengan latar belakang dan pengalaman untuk memimpin Menwa,” tuturnya.  

Foto/Ket : Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat Pengukuhan Komandan dan Wakil Komandan Menwa Mahasurya Jatim periode 2019-2022

Oleh karena itu, lanjut Emil, keberadaan Menwa tidak sekadar menggunakan the power of fisik saja, tetapi juga the power of brain. Sehingga mampu memberikan dampak positif serta menjadi teladan bagi masyarakat.

“Omongannya Menwa didengar masyarakat melalui komponen intelektual yang mumpuni,” ujar Emil.

Melalui Panca Dharma Satya Resimen, kata Emil, mahasiswa menjadi tuntutan dalam menjalankan pelaksanaan organisasi Menwa di perguruan tinggi. Panca Dharma menjadikan organisasi semakin bersemangat  dalam mencetak kader yang inovatif, peduli, berintegritas dan berani.

“Berani ini tentunya akan membentuk sikap-sikap yang membawa efek positif bagi masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, Menwa sebagai organisasi kampus juga memiliki Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Menwa bukan hanya pengabdian masyarakat saja, tetapi dalam semua hal ikut berperan aktif. Sehingga, keberadaan Menwa mampu membawa nilai baik di kampus, serta di lingkungan masyarakat utamanya bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

“Mari tunjukkan sikap tanggap, tangguh dan trengginas Menwa yang dapat memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Deputi IV Kedeputian Polhukam, Rudi Marpaung mengapresiasi Gubernur Jatim beserta jajaran yang berinisiatif mengukuhkan Komandan dan Wakil Komandan Menwa.

“Terima kasih saya ucapkan dan mohon dukungan dari seluruh elemen agar Menwa Jatim bisa berkiprah bagi bangsa dan negara,” pesannya.

Komandan dan Wakil Komandan Menwa Jatim Mahasurya Jatim periode 2019-2022 terpilih yakni Dr. Untung Lasiyono dan Dr. Nurkholis. Keduanya dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 188/101/KPTS/013/2021. Hadir di acara tersebut Asdep IV Kemenkopolhukam, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Kajati Jatim, Pangkoarmada II, Komisi A DPRD Jatim, Ketua Kwarda Pramuka Jatim dan Rektor PTN/PTS se Surabaya. (Guh/*)

Editor : Iwn/A. Eko As

error: Content is protected !!