Pemdes Made Ajak Masyarakat Pilah dan Olah Sampah Dimasa Pandemi Covid-19

LAMONGAN – Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal 21 Februari 2021, Pemerintah Desa Made      Kecamatan Lamongan /Lamongan  Bersama TNI /POLRI mengajak warga akan pentingnya dan manfaat tentang sampah di masa Pandemi Covid-19.

Kepala Desa Made Eko Wdyanto menyampaikan tentang bagaimana generasi muda harus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam memanfaatkan sampah yang ada disekitarnya menjadi lebih berharga dan berdaya guna.

Eko juga mengajak para millennial untuk turut serta melakukan pengelolaan lingkungan dengan memanfaatkan material bekas atau dari sampah untuk digunakan menjadi barang yang lebih berharga, dan memiliki nilai komersial lebih tinggi dimasa pandemi.

“Oleh sebab itu bak sampah merupakan tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang atau digunakan ulang yang memiliki nilai ekonomi,” pungkasnya. Rabu (24/2/21).

Sementara itu, disisi lain Pelda Joko Widodo Babinsa Made mengatakan,

Memilah sampah sebenarnya tidaklah terlalu sulit, sama dengan kebiasaan setiap hari membuang sampah di tempat sampah terpilah.

“Selanjutnya tantangannya adalah pada saat mengolahnya, organik dikomposkan, anorganik dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, souvenir atau dilakukan daur ulang,” ujarnya.

Terlebih volume sampah akhir-akhir ini juga semakin meningkat sejak terjadinya Pandemi COVID-19, peningkatan volume sampah terjadi dari rumah tangga.

“Peningkatan sampah safety gear dalam sampah rumah tangga, hal itu disebabkan karena pemakaian masker, sarung tangan, face shield dan sejenisnya,” tandas Joko. (Theris)

Editor : A. Eko As

error: Content is protected !!