Wujud Keterbukaan dan Transparansi ke Publik, Pemdes Wajik Pasang Baliho APBDES 2021

LAMONGAN – Keterbukaan informasi publik tentang penyelenggaraan pemerintahan, sudah menjadi keharusan bagi pemerintah itu sendiri untuk membuka keran informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, tak terkecuali Pemerintah Desa Wajik, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan melakukan pemasangan baliho APBDes 2021 yang tertuang rincian Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Pendapatan Asli Daerah (PAD) supaya masyarakat dapat mengetahuinya.

Karena kewajiban tersebut juga ditegaskan dalam aturan dari Kementerian Dalam Negeri (mendagri ) Republik Indonesia Nomor 113 tahun 2014, tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 40 ayat 1 tentang Laporan Realisasi dan Pertanggung jawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes.

Kepala Desa Wajik, Sampurno mengatakan, dengan pemasangan baliho APBDes ini, karena pentingnya Pemerintah Desa untuk secara jujur dan transparan mempublikasikan setiap kegiatan pembangunan khususnya dalam penggunaan dan pengalokasian Dana Desa (DD) serta kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa.

“Selain pemasangan baliho, Informasi anggaran juga dishare melalui media sosial yang dikelola desa yaitu melalui smartdesa dan Website Desa,” ujarnya.

Papan Baliho APBDes mengenai pengalokasian, penggunaan hingga rincian anggaran kegiatan yang telah dilakukan dan dilaksanakan oleh Pemerintah desa, kejujuran dan transparansi sebagai wujud Pemerintah Desa yang bersih, dengan kejujuran dan transparansi anggaran.

“Maka dari itu, masyarakat khususnya Desa Wajik bisa melihat dan turut serta mengawasi langsung pembangunan di Desa,” pungkas Sampurno. (Theris)

Editor : A. Eko As

error: Content is protected !!