Ainur Rofiq Pimpin Nelayan Banyuurip Gresik

Foto : Proses Pemilihan Kedua Nelayan Desa Banyuurip Secara Demokrasi

GRESIK – Ainur Rofiq terpilih menjadi ketua nelayan Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Ia mendapatkan suara terbanyak dari pesaingnya dalam pemilihan ketua nelayan.

Jika biasanya pemilihan berlangsung dengan musyawarah mufakat, di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur, pemilihan ketua nelayan dilaksanakan seperti pemilu.

Karena saat pandemi Covid-19, protokol kesehatan sangat diperhatikan. Sebelum memasuki tempat pemungutan suara (TPS), pemilih dicek suhu tubuh dan diwajibkan bermasker serta menjaga jarak.

Panitia pemilihan, Mas Hudin mengatakan dalam pemilihan kali ini ada dua kandidat ketua yakni Ainur Rofiq dan Muhammad Tolib. Dari 313 hak suara, ada 285 pemilih. Rofiq mendapat 131 suara, sementara Tolib mendapatkan 92 suara.

“Pemilihan ini sengaja kami gelar secara jujur, adil, terbuka dan tentunya transparan. Semoga ketua terpilih bisa amanah,” katanya, Jumat (12/2/2021).

Para anggota nelayan satu persatu memilih calonnya. Setelah antre, panitia pemungutan memberikan kertas suara. Layaknya gelaran pemilu, pemilih juga mencoblos kemudian dimasukan ke bilik suara.

Udin menyatakan untuk menambah antusias pemilih, panitia sengaja mengatur seperti pemilu pada umumnya sebagai bentuk implementasi pemilihan agar jujur, adil dan transparan.

“Yang kita contoh pilihan Pak Kades yang dipilih masyarakat secara langsung. Intinya tetap menerapkan prokes. Diharapkan kedepan agar lebih baik, organisasi nelayan bisa tetap eksis dan menambah manfaat,” tambahnya.

Kepala Desa Banyuurip Ihsanul Haris berharap pemilihan ini bisa menjadi momentum kebangkitan nelayan sehingga organisasi lebih bermartabat dan maju.

Ihsan menuturkan selama puluhan tahun, baru kali ini ada pemilihan ketua nelayan selayaknya pemilu pada umumnya. “Kami tentu berharap ke depan organisasi nelayan lebih baik lagi,” ujarnya menanggapi pemilihan ketua nelayan di Gresik rasa pemilu.

Penulis : AZ

error: Content is protected !!