Proyek Jalan Aspal di Desa Siwalanrejo Sudah Dikerjakan Sesuai RAB

LAMONGAN  Terkait Proyek Pembangunan Jalan Aspal di Desa Siwalanrejo, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, yang bersumber dari Dana Bantuan Keuangan Khusus Kepada Pemerintah Desa (BKKPD) anggaran tahun 2021, senilai Rp. 100 juta, sudah dikerjakan sesuai dengan rancangan anggaran belanja (RAB).

Pasalnya, berdasarkan informasi yang dihimpun, proyek pembangunan jalan Aspal yang diketahui dengan Volume 375 M X 0.04 M X 144 M, tepatnya di jalan poros/gapura masuk Desa Siwalanrejo yang beberapa hari ini viral di medsos terkait aspal mudah dikelupas tersebut, Sudah dilakukan audit oleh pihak dinas terkait, khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Inspektorat Kabupaten Lamongan, dan hasilnya bangunan tersebut sudah sesuai rancangan anggaran belanja (RAB).

Menurut Suhendro selaku Kaur Perencanaan, yang juga sebagai Timlak jalan aspal, ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa Masalah RAB itu sudah sesuai, dan ketebalannya kemarin 0.04.

“Kemarin juga sudah dicroscek oleh Inspektorat dan PMD, dan hasilnya pekerjaan sudah sesuai RAB, dan pengerjaannya kemarin juga peliketnya dikasih banyak hingha 1 Drum,” ujarnya.

Sementara dalam kesempatan sama, Kepala Desa Siwalanrejo, Sumber, ketika dikonfirmasi awak media ini, juga mengatakan, bahwa Proyek bangunan jalan aspal itu sudah sesuai rancangan anggaran biaya (RAB).

“Bangunan itu sudah sesuai RAB, dan aspalnya jenis ACWC, Kemarin juga sudah diaudit oleh Inspektorat dan PMD,” pungkasnya. Kamis (07/10/21).

Terkait faktor proyek pengaspalan jalan yang sangat mudah dikelupas menggunakan tangan kosong saat teman media ke lapangan, mungkin jalan itu baru selesai dikerjakan dua mingguan yang lalu, jadi kemungkinan masih basah.

“Mungkin bawah aspal itu juga yang tengah ada aspal lama, dan yang pinggir ada cor/rabat lama, jadi ya gampang, bahkan pliketnya kemarin sudah dikasih banyak hampir 1 Drum,” tegasnya.

Sementara, terkait tidak adanya papan proyek yang terpasang dalam pekerjaan pengaspalan jalan beberapa Minggu lalu, Kepala Desa Siwalanrejo Sumber, menegaskan, saat pengerjaan pihaknya sudah memasang papan proyek. Namun pihaknya mengambil papan proyek itu kembali, karena dibuat mainan sama anak-anak setempat.

“Papan proyek ada, dan dulu pas pengerjaan juga kita pasang, lalu papan proyek kita ambil kemudian kita taruh di kantor agar tidak dibuat mainan anak-anak, pengalaman dari yang dulu-dulu soalnya pernah hilang, dan sekarang sudah kita pasang kembali,” pungkasnya.

Dalam kesempatan berbeda, menanggapi bangunan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lamongan, Khusnul Yaqin, ketika dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp beberapa Minggu lalu mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan keroscek Pembangunan Jalan Aspal di Desa Siwalanrejo bersama pihak Inspektorat, dan pengerjaannya sudah sesuai RAB.

“Sudah kita lakukan pemeriksaan, dan bangunan itu sudah sesuai RAB,” pungkasnya. (RM)

error: Content is protected !!