Ketua DPRD Gresik Orang Pertama di Vaksin diKabupaten Gresik

GRESIK,- Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gresik Jawa Timur dimulai. Untuk tahap pertama sebanyak 5.920 dosis akan disuntikkan. Sementara, Ketua DPRD Moh Abdul Qodir menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin Covid-19 sinovac.

Selain ketua dewan yang disuntik vaksin perdana, sejumlah pejabat juga divaksin seperti Kadinkes drg Saifudin Ghozali, Wakapolres Kompol Eko Iskandar dan Kasdim Mayor Inf Sugeng Riyadi serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Dalam pencanangan vaksin perdana itu, tampak dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak, Wakil Bupati Gresik Moh Qosim, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto dan Dandim Letkol Inf Taufiq Ismail.

Wabup Emil mengatakan, Gresik menjadi salah satu dari tiga daerah prioritas di Jatim yang menjalankan vaksinasi tahap pertama. Hal ini merupakan intruksi langsung dari Kementrian Kesehatan RI.

Dalam peninjauan kali ini, Emil menyatakan proses vaksinasi berjalan lancar. Sebelum divaksin, seseorang harus melalui tahapan screening terlebih dahulu.

“Saya diutus ibu gubernur, arahan khusus dari ibu gubernur. semoga ini bisa menjadi awal yang baik bagi Gresik untuk melakukan Vaksinasi,” ucapnya.

Emil menambahkan, vaksin yang beredar ini dijamin aman oleh BPOM dan sudah mendapatkan label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Maka dari itu, dia meminta seluruh masyarakat mendukung.

“Vaksin ini sudah dinyatakan aman. Tentu melalui proses panjang yang memenuhi kaidah ilmu medis dan sudah dipantau oleh organisasi kesehatan dunia,” terangnya.

Sementara itu Ketua DPRD Moh Abdul Qodir mengaku, sebelum disuntik vaksin pihaknya diskrening terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan kesehatan dan layak disuntik.

Qodir menyatakan, pihaknya sangat mendukung pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi kali ini. Sebab, program ini merupakan upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tentu tegang, ini adalah ikhtiar penerintah yang harus disukseskan. Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19. Kemarin kita diskreing, hari ini melaksanakan,” ungkap dia.

Sementara itu Wabup Moh. Qosim menjelaskan vaksinasi tahap pertama ada 10 orang yang divaksin mulai dari unsur Forkopimda, atau yang mewakili.

Kemudian, ada pula tenaga kesehatan dan sisanya tokoh-tokoh masyarakat atau agama, dan selanjutnya nanti akan dilakukan di Posko Vaksinasi di Puskesmas Alun-alun Gresik.

“Jadi hari ini, ada 10 orang yang disuntik vaksin Covid-19 perdana di Gresik, kemudian nanti Senin akan dilanjutkan dan diprioritaskan bagi pada tenaga kesehatan TNI-Polri,” terangnya. (*/Azmi)

error: Content is protected !!