Desa Sekapuk Dinilai Mampu Jadi Role Model Keberhasilan Pembangunan Manusia

GRESIK – Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Dinilai mampu menjadi role model keberhasilan pembangunan manusia. Hal itu disampaikan
Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud RI, Hilmar Farid saat kunjungan kerja ke Desa Sekapuk pada Kamis (14/1/2021).kemarin

Dalam kesempatan itu, dia meninjau aktivitas masyarakat di pasar kuliner dan pusat oleh-oleh produk lokal yang ada di Wisata Selo Tirto Giri (Setigi) serta Agrowisata Kebun Pak Inggih.

Menurut pria yang berpenampilan nyentrik ini warga Desa Sekapuk berhasil dalam transformasi kebudayaan sehingga berkontribusi menjadikan desa maju. Semangat maju inilah yang harus ditularkan untuk kembangkitan ekonomi.

“Yang paling menarik disini adalah bukan hanya tampilan fisik saja, saya menyapa langsung masyarakat. Dan ini rill, disini warganya ada perubahan maindset untuk maju. Hal ini adalah perubahan budaya yang sangat penting,” kata Hilmar.

Ditambahkan lebih jauh oleh dia, Desa Sekapuk telah berhasil mengubah dari desa miskin menjadi desa kaya yang penghasilan miliaran rupiah setahun dengan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berubah dan bekerjasama.

Hilmar menerangkan, ke depan pihaknya bakal memberikan laporan kunjungan ke Mendikbud RI Nadiem Makarim terkait pola pendidikan masyarakat serta output adanya pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Akan kita sampaikan ke Mas Menteri terkait semua semua pengalaman Pak Kades ini yang perlu diketahui publik, bukan cuma publikasi tapi menularkan kebiasaan dan semangat ini ke desa lain seluruh tanah air,” tambahnya. (Azmi)

error: Content is protected !!