Vaksin covid-19 tiba dikabupaten Gresik, agar aman dijaga TNI-Polri

GRESIK – Untuk pertama kali, Vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Gresik propinsi Jawa Timur pada Rabu (13/1/2021) siang. Agar aman, ribuan dosis vaksin itu akan dijaga oleh aparat keamanan dari TNI-Polri.

Sebelum sampai gudang penyimpanan, Polres Gresik melakukan pengamanan kedatangan dan pendistribusian vaksin. Distribusi vaksin Sinovac ini menggunakan mobil box khusus dengan pengawalan ketat.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan mengatakan, setelah serahterima pihaknya menyiagakan personil untuk menjaga vaksin.

“Kami intruksikan jajaran kami untuk menjaga vaksin itu. Kami siagakan penjagaan 24 jam,” kata Kapolres Gresik.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres Gresik akan menerima 5.920 dosis, sedangkan untuk kedatangan vaksin hari ini, telah tiba pengiriman tahap satu berjumlah 3000 dosis.

Untuk itu, Alumnus Akpol 2001 ini memjelaskan pihaknya akan menerjunkan personel Polres Gresik melakukan penjagaan di gudang kantor UPT Pengelola dan Pelayanan Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik.

“Hal ini demi memberikan rasa aman kepada petugas dan pekerja di lokasi penyimpanan vaksin sinovac,” imbuhnya.

Sebagai salah satu orang yang bakal mendapatkan suntik vaksin di Kota Pudak, Kapolres Arief mengaku pihaknya siap bahkan, ia meminta jajaranya agar turut menyukseskan program ini.

“Saya Kapolres Gresik siap mensukseskan dan mengamankan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Gresik,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan drg Syaifuddin Ghozali mennjelaskan sebelum disuntik vaksin, seseorang harus melalui tahap skrening terlebih dahulu.

Diterangkan oleh Saifuddin, saat ini pihaknya masih menunggu repligator besar berukuran 3×4 yang dikirim dari Kementrian Kesehatan RI. Baru, nanti vaksin juga ditempatkan di Puskesmas Alun-alun Gresik sebagai pusat vaksinasi terpadu.

“Sementara 10 orang yang akan dilakukan vaksin pertama kali telah dilakukan sreanning awal, dan besok kita lakukan sreanning ketat,” tambah dia menanggapi vaksin Covid-19 di Gresik yang dijaga ketat. (*)

error: Content is protected !!